Review Galaxy Note 8, si Flagship Samsung Berkamera Ganda

JAKARTA – Samsung Galaxy Note 8 telah diluncurkan secara resmi di New York, Amerika Serikat. Sebagai smartphone flagship, wajar saja jika perangkat Samsung tersebut mengusung berbagai fitur yang canggih.

Mulai dari pemindai wajah hingga fitur kamera ganda melengkapi Galaxy Note 8. Perangkat ini bahkan menjadi smartphone pertama Samsung yang mengusung sistem dual-camera.

BERITA TERKAIT +

Tak hanya itu sederet fitur lainnya juga dirancang Samsung untuk Galaxy Note 8. Selengkapnya, simak review Samsung Galaxy Note 8 berikut ini.

Tampilan

Galaxy Note 8 dirancang dengan desain yang elegan. Bodinya yang memanjang berbalut metal serta berlapis kaca membuatnya nyaman untuk digenggam.

Tampak depan, Anda akan mendapati dengan layar berukuran 6,3 inci yang melengkung serta bezel yang cukup tipis. Dengan layar berteknologi Super AMOLED, Anda akan disajikan tampilan yang nyaman ditatap mata.

Seperti smartphone Samsung lainnya, Note 8 menempatkan berbagai tombol pendukung fitur dalam posisi yang sama. Tombol kunci di bagian kanan serta tombol volume di kiri ponsel. Ada juga tombol untuk mengoperasikan Bixby tepat di bawah tombol volume.

Galaxy Note 8 tak dilengkapi dengan tombol Home fisik, sebagaimana S8. Sebagai gantinya, Note 8 hadir dengan tombol Home virtual dan memindahkan sensor sidik jari ke bagian belakang tepat di samping kamera utama.

Mendukung fitur pemindai wajah, Samsung menyematkan sensor biometrik pemindai iris di bagian depan ponsel, menyertai kamera sekunder untuk aktivitas selfie.

Di bagian bawah smartphone, Anda akan menemukan port USB tipe C, jack audio 3,5mm serta S Pen – perangkat pelengkap khas Galaxy Note.

Performa

Samsung Galaxy Note 8 ditenagai dengan prosesor Exynos 8895 dan RAM 6GB. Ini merupakan chipset terbaru Samsung pada saat flagship-nya diluncurkan.

Dalam pengujian, Okezone sempat menjalankan game yang terbilang berat seperti Asphalt 8. Saat dimainkan dengan Galaxy Note 8, game Asphalt mampu berjalan dan dioperasikan dengan baik, tanpa kendala.

Smartphone ini bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti media sosial, hingga game berat. Dukungan baterainya juga menyokong smartphone untuk tetap bisa dioperasikan pengguna dalam waktu yang cukup lama.

Sebagai pelengkap, Note 8 hadir dengan S Pen yang bisa Anda gunakan untuk menggambar. Hasil pengujian Okezone, perangkat tersebut mampu berjalan dengan baik untuk membuat gambar, hingga memberikan perintah dalam mengoperasikan smartphone.

Anda juga bisa menggunakannya untuk mencatat apapun, kapanpun Anda inginkan. Tak hanya itu, S Pen Galaxy Note 8 bisa digunakan untuk menggambar pesan yang secara langsung bisa dibagikan ke pengguna lain.

Kamera

Galaxy Note 8 menjadi smartphone pertama Samsung yang mengusung kamera ganda. Lensanya merupakan jenis wide dan tele di mana masing-masing memiliki resolusi 12 megapixel.

Kamera ganda tersebut juga didukung dengan fitur Selective Focus yang bisa digunakan untuk memilih fokus depan maupun belakang dalam pengambilan foto, yang mendukung efek bokeh.

Berdasarkan pengujian, kamera ganda Galaxy Note 8 mampu menjepret gambar dengan apik, tampak dari kontras dan detail warna yang cukup tajam.

Begitu pula saat lensa tele-nya digunakan. Jepretannya mampu menghasilkan kontras yang baik, juga dengan warna yang tajam.

Efek bokeh Galaxy Note 8 terbilang cukup baik, namun masih cukup terlihat bahwa efek itu memang “dibuat-buat”, di mana blur-nya tak begitu merata di sekitar objek.

Sementara itu, kamera depannya beresolusi 8 megapixel mampu menghasilkan gambar dengan ketajaman yang baik. Warnanya pun tampak sangat sesuai dengan objek asli, tentunya dengan penentuan fokus yang cukup cepat.

Anda juga bisa memanfaatkan filter wajah yang tersedia di Galaxy Note 8, untuk membuat jepretan Anda semakin menarik.

Baterai

Flagship Samsung ini hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 3.300 mAh. Dengan dukungan fast charging, Anda akan mendapati baterai Note 8 penuh selama sekira 1,5 jam.

Berdasarkan hasil pengujian Okezone, dengan penggunaan jaringan internet untuk streaming video, smartphone ini hanya bertahan 7-8 jam. Namun dalam posisi standby, Note 8 mampu bertahan hingga lebih dari 2 hari tanpa pengisian ulang.

Waktu pengisian memang terbilang cukup lama mengingat daya baterainya yang cukup banyak. Smartphone ini pun menyediakan fitur mode hemat untuk mengefisienkan daya baterai.

Benchmark

Untuk menilai performa dan kemampuan ponsel secara keseluruhan, Okezone menggunakan dua aplikasi benchmark yaitu Geekbench 4 dan AnTuTu Benchmark dari toko aplikasi Play Store.

Berdasarkan hasil pengujian aplikasi AnTuTu, Galaxy Note 8 mendapatkan total skor 149.711. Rinciannya, skor pengujian 3D 49504, UX 52184, CPU 37517, dan pengujian RAM 10.506.

Sementara skor yang didapat dari aplikasi Geekbench meliputi 2004 untuk single core, dan 6691 untuk skor multi core. (lnm).

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8

- Layar Super AMOLED 6,3 inci

- Prosesor Exynos 8895

- Grafis GPU Andreno 540

- RAM 6GB dengan memori internal 64GB dan tambahan slot eksternal hingga 256 GB

- Kamera ganda belakang 12MP dan depan 8MP

- Kapasitas baterai 3.300 mAh

- Android Nougat

- Dual nano SIM

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments