Perjalanan Charles Ranlett Flint, sang Pendiri IBM

JAKARTA - Charles Ranlett Flint adalah warga Amerika yang merupakan pendiri Computing-Tabulating-Recording Company, kini dikenal dengan International Business Machines Corporation (IBM).

Charles merupakan seorang olahragawan yang rajin. Ia menyukai renang, berburu, memancing, berlayar, dan penerbangan. Tak hanya mendirikan IBM, Charles juga membantu menemukan Automobile Club of America.

BERITA TERKAIT +

Ia lahir pada 24 Januari 1850 di Thomaston, Maine, Amerika Serikat. Keluarga Flint pindah dari Maine ke New York, di mana ayahnya mengelola perusahaan dagang, Chapman & Flint, sejak 1837.

Charles menempuh pendidikan di Brooklyn Polytechnic Insitute (sekarang New York University-Tandon School of Engineering), dan kemudian lulus pada 1868. Tiga tahun kemudian, yakni 1871, ia berkecimpung di bisnis pengiriman sebagai mitra di Gilchrest, Flint & Co, lalu bergabung dengan WR Grace & Co.

Baca juga: William Austin Burt, sang Penemu Kompas Surya

Selanjutnya, ia mengemban tugas sebagai konsul Chili di New York, selama 1876 hingga 1879. Charles juga menjabat sebagai konsul jenderal Amerika Serikat untuk Nikaragua dan Kosta Rika.

Pada 1892, Charles mengkonsolidasikan beberapa perusahaan untuk membentuk U.S. Rubber. Ia juga melakukan hal yang sama pada 1899, yaitu menggabungkan Adams Chewing Hum, Chiclets, Dentyne, dan Beemans untuk mendirikan American Chicle. Charles juga dikenal sebagai tokoh yang bertanggung jawab atas terbentuknya American Woolen pada 1899.

Di 1911 merupakan tahun saat IBM didirikan. Pada tahun itu, tepatnya 16 Juni, Charles membentuk Computing-Tabulating-Recording Company (CTR) melalui amalgamasi atau penggabungan (dengan akusisi saham) dari empat perusahaan, yakni Tabulating Machine Company, International Time Recording Company, Computing Scale Company of America, dan Bundy Manufacturing Company.

Amalgamasi merupakan hal yang tidak biasa pada saat itu. Charles menjelaskannya sebagai konsolidasi ‘allied’ atau ‘bersekutu’.

Baca juga: Adam Osborne, Penulis Buku yang Ciptakan Laptop Pertama di Dunia

Sebelumnya, pada 1880-an muncul sejumlah teknologi yang akan menjadi bisnis IBM. Teknologi tersebut antara lain timbangan komputer oleh Julius E. Pitrap; dial recorder oleh Alexander Dey; electric tabulating machine oleh Herman Hollerith; dan alat pengukur waktu kerja oleh Williard Bundy.

Pada 1914, Charles merekrut Thomas J. Watson dari National Cash Register Company. Thomas kemudian membantu Charles untuk memimpin dan menjalankan perusahaan.

Pada 14 Februari 1924, perusahaan CTR berganti menjadi International Business Machines Corporation atau lebih dikenal dengan IBM. Selama beberapa dekade, IBM terus mendominasi industri komputer di Amerika Serikat.

Flint menjabat sebagai dewan direksi IBM sampai ia pensiun pada 1930. Pada 26 Februari 1934, Charles Ranlett Flint meninggal dunia di usia 84 tahun.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments