Nokia 1 Jadi Ponsel Murah Berbasis Android Go

Jakarta - Diperkenalkan pertama kali di ajang Google I/O 2017, Android Go akhirnya resmi dirilis Desember lalu. Kini muncul prediksi bahwa ponsel pertama yang akan mengusung sistem operasi ini tak lain adalah Nokia 1.

Kabar ini beredar luas di berbagai situs di China. Bahkan kabar tersebut juga menyertakan penampakan gambar asli diduga Nokia 1.

Dari gambar itu, terlihat bahwa Nokia 1 mengusung bodi yang terbuat dari bahan plastik. Kita dapat pula melihat logo Nokia di bagian belakang dan kamera tunggal berikut lampu flash.

Untuk spesifikasi yang diusung, seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (12/1/2018), Nokia 1 kabarnya menggunakan layar IPS dengan resolusi 720 x 1290 pixel. Tidak diketahui berapa ukuran bentang layarnya.

Nokia 1 Jadi Ponsel Murah Berbasis Android GoFoto: Internet

Sementara di sektor dapur pacu, ia menggunakan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB. Belum diketahui pasti prosesornya, namun banyak yang menduga nantinya ditenagai oleh seri Snapdragon 400 atau mungkin MediaTek, karena baru-baru ini Google menjalin kerjasama dengan perusahaan chipset asal Taiwan itu.

Android Go sendiri tak lain adalah Android yang dikhususnya untuk perangkat kelas bawah. Karenanya sistem operasinya dioptimalkan walau perangkat hanya mengusung spesifikasi yang rendah, semisal RAM antara 512 MB sampai 1 GB.

Membuat Android Oreo versi khusus ini tentu bukan hal mudah, karena Google perlu menyunat sejumlah aplikasi dasar di Android, seperti Google Assistant, Maps, Gmail, dan lainnya. Kendati begitu raksasa internet ini menyediakan aplikasi versi ringan, seperti Google Go, Gmail Go , Google Maps Go dan YouTube Go.

Menurut rumor, Nokia 1 akan dirilis kuartal pertama tahun ini. Bisa jadi debut pertamanya akan berlangsung di ajang Mobile World Congress yang digelar akhir Februari mendatang. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, ponsel ini disebut-sebut akan jadi perangkat Nokia termurah. (mag/afr)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments