Misi Shopee Bikin Kampus untuk Jualan Online

Jakarta - Jualan online memang sudah marak dilakukan para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). Namun masih banyak yang terkendala mengembangkan bisnisnya.

Hal itu yang mendasari Shopee memberikan edukasi kepada pengusaha lokal di Tanah Air bertajuk Kampus Shopee. Program tersebut kini lebih besar lagi jangkauannya sejak pertama kali dicetuskan.

Marketing Manager Shopee Indonesia Monica Vionna menjelaskan, Kampus Shopee adalah komunitas untuk membantu para penjual online. Ibarat sekolah, agenda kegiatan Shopee adalah memberikan edukasi hingga 'kopi darat' sesama seller untuk mengembangkan bisnis produknya.

"Kampus Shopee pertama kali didirikan, dulu baru Jabodetabek. Di 2017, menjangkau 30 ribu dan 13 kota di seluruh kota Indonesia. Dan, sekarang menyasar sampai lebih dari 30 kota," ujar Monica di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Shopee Perluas Kampus untuk Jualan OnlineFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Menurut Kementerian Perindustrian, kontribusi Produk Domestik Bruto IKM berdasarkan data Badan Pusat Statistik mengungkapkan, sektor tersebut masih dikuasai industri besar yakni 80%, dan sisanya oleh industri kecil dan menengah.

Disampaikan Gati Wibawaningsih selaku Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, ada tiga kendala dialami oleh pelaku IKM, yaitu pemasaran, pemodalan, dan bahan baku.

"Kehadiran e-commerce di Indonesia telah membuka peluang untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja IKM, karena ini mereka dapat lebih mudah memasarkan produk mereka melalui online platform," tuturnya.

Dengan adanya Kampus Shopee, Gati berhadap program edukasi seller dapat ikut mendorong visi pemerintah menuju 'Digital Energy of Asia 2020'.

"Ke depannya, kami berharap program edukasi Shopee dapat membantu pemerintah untuk mendorong percepatan industri digital ekonomi karena semakin banyak pengusaha lokal go online," tutupnya. (rns/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments