Mengapa Mata Manusia Bisa Berwarna Biru atau Hijau?

JAKARTA - Orang Indonesia dominan memiliki warna mata hitam atau cokelat gelap, (bukan berwarna biru atau hijau) karena mengandung sel berpigmen. Ternyata, warna pada mata bersifat struktural dan berhubungan dengan fisika yang cukup menarik.

Bagian berwarna pada mata Anda disebut iris, dan terdiri dari dua lapisan, yaitu epitel di bagian belakang dan stroma di bagian depan. Epitel hanya setebal dua sel dan mengandung pigmen cokelat-hitam, yaitu bintik gelap yang ada pada mata beberapa orang.

BERITA TERKAIT +

Sebaliknya, stroma terdiri dari serat kolagen yang tidak berwarna. Terkadang, terdapat stroma yang mengandung pigmen gelap (melanin), dan kadangkala memiliki lapisan kolagen yang berlebih. Menariknya, itulah dua faktor yang mempengaruhi warna mata Anda.

Baca juga: Nih Alasan Mata Manusia Terpejam saat Bersin

Misalnya, manusia yang memiliki mata cokelat mengandung konsentrasi melanin yang tinggi dalam stroma mereka, yang menyerap sebagian besar cahaya masuk ke mata, terlepas dari lapisan kolagen, sehingga memberikan warna yang gelap. Sedangkan, mata hijau tidak memiliki banyak melanin di dalamnya, dan juga tidak mengandung lapisan kolagen.

Baca juga: Mengapa Manusia Bisa Menangis saat Tertawa?

Hal itu berarti, sebagian cahaya yang masuk ke dalamnya terserap oleh pigmen, partikel di stroma juga menyebarkan cahaya sebagai hasil dari sesuatu yang disebut ‘efek Tyndall’, yang menciptakan rona biru. Dengan melanin cokelat, maka hasilnya akan menampakkan warna hijau.

Mata biru sangat menarik karena seluruh warnanya adalah struktural. Manusia dengan mata biru memiliki stroma yang sama sekali tidak berwarna, tanpa pigmen, dan juga tidak mengandung kolagen berlebih. Demikian dilansir dari Science Alert, Rabu (3/1/2018).

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments