Kuota 465 TB Habis Cuma untuk Update Status Tahun Baru

Jakarta - Pada momen puncak perayaan Tahun Baru 2018, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data terbesar di wilayah Jabotabek dengan total pemakaian 465 TB. Angka itu meningkat 31% dibanding trafik hari biasa.

Lonjakan trafik data itu didominasi pemanfaatan akses internet, media sosial, chatting, streaming video, hingga live video blogging (vlogging) oleh para pelanggan yang merayakan puncak pergantian tahun di sejumlah titik keramaian.

Menurut Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani, lonjakan trafik itu berhasil mereka tangani berkat penguatan jaringan existing di spektrum lama dan tambahan amunisi baru di spektrum baru.

Kuota Data 465 TB Habis Cuma untuk Update Status Tahun BaruFoto: dok. Telkomsel

Selain memperkuat BTS yang sudah ada di 1.800 MHz dan 2,1 GHz, penambahan 90 BTS baru dengan teknologi TDD (Time Division Duplex) di 2,3 GHz, juga ada tambahan 24 Compact Mobile BTS (COMBAT).

"Telkomsel bersyukur dapat mengawal momen pergantian tahun ini dengan sukses dan tanpa kendala yang berarti," kata Ririn di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Untuk implementasi jaringan TDD 2,3 GHz dengan lebar spektrum 30MHz itu, sekitar 90 BTS itu disiagakan di 141 titik keramaian seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun kota hingga titik transit seperti bandar udara, stasiun, pelabuhan dan terminal.

Lonjakan trafik layanan data tertinggi yang menggunakan jaringan BTS TDD 2,3 GHz ini terjadi di wilayah destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol sebesar 55%, Taman Mini Indonesia Indah hingga 51%, dan Alun-alun kota Sumedang yang mencapai 25% dibanding trafik pada hari biasa.

Ririn lebih lanjut menambahkan, secara keseluruhan selama momen perayaan pergantian tahun wilayah destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol menjadi titik dengan total trafik layanan data tertinggi di wilayah Jabotabek, sebesar 7.75 TB.

Kuota Data 465 TB Habis Cuma untuk Update Status Tahun BaruFoto: dok. Telkomsel

Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat, trafik layanan data tertinggi dengan total mencapai 12 TB atau meningkat 48% di hari normal, terjadi di titik destinasi rekreasi Cipanas, Kota Bunga Bogor.

Antisipasi lonjakan trafik layanan data dengan menyiagakan tambahan 24 COMBAT juga terbukti mampu mengatasi lonjakan kapasitas pemanfataan layanan data berbasis broadand dan digital di sejumlah titik perayaan malam tahun baru.

"Seperti di wilayah destinasi wisata Pantai Anyer yang mengalami kenaikan trafik mencapai total 519 GB serta Batu Karas dengan total utilisasi sebesar 251 GB," pungkas Ririn. (rou/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments