Hujan Deras Bikin CES 2018 "Mati Lampu" 2 Jam, Kok Bisa?

LAS VEGAS – Ajang Consumer Electronics Show (CES) menjadi gelaran akbar dimana berbagai vendor perangkat elektronik memamerkan produk mereka. Sayangnya, pada CES 2018 yang tengah berlangsung diwarnai dengan peristiwa tak terduga dimana listrik dalam acara tersebut mati.

Hal tersebut sontak membuat pameran yang berlokasi di Las Vegas Convention Center (LVCC) menjadi gelap gulita. Padamnya listrik di CES 2018 hingga dua jam itu disebabkan oleh hujan dengan intensitas cukup deras.

BERITA TERKAIT +

“Temuan awal menunjukkan bahwa kondensasi dari hujan deras menyebabkan terjadinya flashover pada salah satu fasilitas transformer,” bunyi pernyataan Visitor and Convention Authority, NV Energy and the Consumer Technology Association Las Vegas.

Ajang CES sendiri digelar di beberapa lokasi di sekitar Las Vegas. Namun pusatnya dengan lokasi seluas 3,2 juta kaki persegi menjadi tempat utama ajang tersebut, dimana berbagai gadget didemonstrasikan. Alhasil lokasi tersebut memakan banyak daya listrik.

Beberapa perangkat diantaranya TV OLED, virtual reality ride, serta lemari es yang tak bisa difungsikan. Tanpa saluran listrik, berbagai perusahaan pun tak bisa memamerkan produk mereka.

Beruntung masih ada cukup cahaya dari jendela yang memberikan sedikit sinar pada ruangan, serta daya baterai pada beberapa perangkat.

“Kami berupaya keras untuk mengembalikan listrik sementara ini di LVCC. Kami menghargai kesabaran Anda dan meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Asosiasi Teknologi Konsumen - grup yang menyelenggarakan CES 2018 tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Beberapa vendor dengan terpaksa mendemonstrasikan produk mereka dengan pencahayaan seadanya. Wiltronic – perusahaan pembuat komputer dan perangkat rumahan, misalnya melakukan demonstrasi produk dalam kegelapan. Hal tersebut dilakukan berkat bantuan laptop dan tablet yang masih menyimpan daya baterai.

Hujan itu sendiri memang terjadi tanpa perkiraan. Bahkan hujan tersebut tercatat terjadi pertama kali setelah 116 hari terakhir, sebagaimana dilaporkan Las Vegas Review Journal.

Seorang karyawan LVCC menyebut bahwa air hujan yang cukup deras itu memperngaruhi “jalus bagasi” yang membawa pasokan listrik ke tempat CES 2018 berlangsung.

Untungnya pemadaman listrik itu dapat diatasi, meski penanganannya membuat ruangan gelap gulita selama sekira dua jam. Demikian seperti dilansir BBC, Kamis (11/1/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments