Gara-gara Logan Paul, Para YouTuber Populer Dipantau

Jakarta - YouTube ikut dikecam karena ulah Logan Paul yang merekam orang bunuh diri. Tak ingin mengulang kesalahan yang sama karena kecolongan konten sensitif, YouTube bakal lebih ketat meninjau konten para YouTuber populer.

Masalah konten memang sering dialami oleh YouTube. Anak perusahaan Google ini acap kali 'meloloskan' video yang dianggap tak wajar. Tapi bisa dibilang yang paling menggemparkan adalah saat Logan menampilkan jasad bunuh diri saat menyusuri hutan di Jepang.

Para YouTuber tenar termasuk Logan Paul diberi keistimewaan masuk dalam kategori Preferred, di mana tarif iklan mereka lebih tinggi. Karena ulahnya, Logan didepak dari kategori ini dan Google mungkin akan lebih ketat menyaring video yang dibuat YouTuber di kategori Preferred untuk memastikan konten mereka sesuai untuk merek yang mau beriklan.

Sebagaimana diberitakan Engadget dan dikutip detikINET, Minggu (14/1/2018), Google akan memanfaatkan manusia dan teknologi kecerdasan buatan guna memantau video yang mungkin tidak sesuai untuk iklan.

"Kami membuat Google Preferred untuk membantu pelanggan kami dengan mudah menjangkau penonton YouTube yang paling bersemangat dan kami telah melihat daya tarik yang kuat pada tahun lalu dengan jumlah brand mencapai rekor," kata juru bicara Google tersebut.

"Seperti yang kami katakan baru-baru ini, kami sedang mendiskusikan dan mencari umpan balik dari partner merek kami untuk menawarkan mereka lebih banyak jaminan untuk apa yang telah mereka bayar," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, YouTube resmi menjatuhkan sejumlah hukuman kepada Logan Paul, yang tingkah rusuhnya di Jepang membuat berang banyak orang.

Channel milik Logan akan dihilangkan dari Google Preferred, sebuah lini iklan premium dari YouTube yang berisi channel-channel paling populer. Hal ini berpotensi menurunkan pendapatan Logan walaupun ia masih dapat menghasilkan uang dengan sistem monetisasi biasa.

"Meskipun begitu, ia masih dapat menghasilkan uang melalui video-video yang diunggahnya lewat YouTube," ujar juru bicara Google. Logan sendiri sampai saat ini masih vakum dan belum memposting video lagi. (fyk/fyk)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments