Foto Pemandu Lagu Tampak Seperti Hantu, Asli atau Editan?

Jakarta -

Pengamat telematika Abimanyu Wachjoewidajat ikut menanggapi kejadian aneh saat Polres Probolinggo melakukan razia tempat hiburan. Ketika itu, beredar penampakan wajah rusak mirip hantu pada salah seorang pemandu lagu.

Menurut pengamatan Abimanyu, foto yang diketahui setelah gelaran razia selesai dilakukan itu, merupakan rekayasa atau merupakan hasil editan.

"Oh, itu. (Foto itu) editan," ujar Abimanyu yang akrab disapa Abah saat berbincang dengan detikINET, Selasa (2/1/2018).

Dijelaskan olehnya, penilaian foto tersebut sebagai bentuk manipulasi seseorang berdasarkan intensitas cahaya yang di mata ada unsur sapuan.

"Pixel-nya diubah terus diburemin," sambungnya. Dengan demikian, Abimanyu menyakini foto yang beredar bukan karena penampakan hantu tapi faktor rekayasa belaka.

Sementara para pengamat gadget lainnya menilai, foto yang sempat bikin heboh itu cuma karena faktor pencahayaan yang rendah saat kejadian.

Pernyataan yang diucapkan oleh Abimanyu ini bertolak belakang dengan apa yang sempat dikatakan oleh Kasat Narkoba Polres Probolinggo AKP Dodik Wibowo mengenai kejelasan dari foto aneh itu.

Foto Pemandu Lagu Tampak Seperti Hantu, Asli atau Rekayasa?Foto: Istimewa


"Foto itu asli, tidak ada rekayasa. Diketahui saat anggota melihatnya seusai razia. Penampakannya seperti kuntilanak. Saya juga heran kok hasil fotonya tak sesuai dengan wajah pemandu lagu," ujar Dodik kepada detikcom, Sabtu (30/12/2017).

Foto tersebut diambil oleh Bripda Mokhamad Hasan Al Hafiz, anggota Reskoba Polres Probolinggo. Hasan mengaku kaget saat melihat hasil foto tersebut seusai razia.

"Saya yang mengambil foto. Saya juga kaget, kok bisa seperti itu. Pemandu lagu itu wajahnya rusak. Padahal aslinya wajahnya ya biasa saja," ujar Hasan.

Dalam foto itu terlihat dua polisi berpakaian batik dan berjaket hitam sedang memeriksa dua identitas pemandu lagu yang sedang duduk di sofa. Satu pemandu lagu mengenakan baju merah sementara satunya mengenakan baju bergaris-garis.

Razia itu sendiri mengamankan dua pengunjung. Satu pengunjung diamankan karena kondisinya mabuk. Sementara satu pengunjung lagi tidak membawa identitas. Polisi juga melakukan tes urine kepada pengunjung, tetapi semua hasilnya negatif. Selain di Pop City, razia juga dilakukan di 888 dan Heaven BJBR.

(agt/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments