Cerita Vidi Aldiano Merinding Lihat Banyak Ide Kreatif

Jakarta - Selain dikenal sebagai seorang penyanyi, Vidi Aldiano juga kerap dikenal sebagai entrepeneur muda. Dia kini juga merambah startup digital dengan merilis Krowd.

"Ini adalah sebuah platform online yang mempertemukan dan menjembatani kreator Indonesia untuk berkolaborasi menciptakan suatu karya," kata Vidi usai meluncurkan Krowd di Menara Kibar, Cikini, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Krowd, diceritakan Vidi, berangkat dari pengalaman pribadinya saat akan membuat album 'Persona' di 2016. Dia merasakan sendiri, bagaimana kolaborasi dengan orang dari berbagai latar belakang bisa menghasilkan karya kreatif yang segar dan baru.

"Kerjasama dengan Kreavi, akhirnya saya akhirnya mengubah album saya menjadi sebuah artbook. Jadi tidak hanya dalam bentuk CD biasa, tapi album Persona juga diluncurkan dalam bentuk artbook yang isinya adalah lagu-lagu saya yang divisualisasikan oleh para kreator visual dari Kreavi," kenang Vidi.

Kerja sama Vidi dengan Kreavi tersebutlah yang mendorong Vidi untuk membuat Krowd. Platform ini bertujuan membantu para kreator yang kesulitan mengeksekusi ide dan gagasan yang mereka inginkan, melalui kolaborasi.

"Karena gue pernah ngerasain, ngerjain apa-apa sendirian itu gak enak. Tapi ketika ketemu dengan orang lain, mereka punya ide-ide dan dari situ kita bisa punya kesempatan untuk kolaborasi," sebutnya.

Di Krowd, berbagai latar belakang minat dan bakat para kreator akan diwadahi, mulai dari Initiator yang akan menginisiasi Project, maupun sebagai Collaborator yang akan bergabung dalam Project.

Dalam mencetuskan Krowd, Vidi turut menggandeng dua rekannya yaitu Founder dan CEO dari Creativepreneur Event Creator Putri Tanjung, dan Chief Executive Kibar Yansen Kamto.

Cerita Vidi Aldiano Merinding Lihat Banyak Ide KreatifFoto: Rachmatunnisa/detikINET

Banyak Ide Bagus

Sebelum resmi dirilis hari ini, Vidi dan tim Krowd sudah 'bergerilya' mengadakan berbagai inisiatif offline, mengumpulkan anak-anak muda yang berminat untuk berkolaborasi.

Disebutkan Vidi, ide-ide Krowd sangat beragam, meliputi berbagai bidang. Sulit bagi Vidi untuk menyebut bidang apa yang menonjol.

"Merata sih, gak ada yang mendominasi. Pendidikan ada, agrikultur ada, proyek sosial juga banyak, seni ada. Karena kan memang ini terdiri dari berbagai latar belakang, siapa saja punya ide dan kemampuan apa bisa ikut," sebutnya.

Berdasarkan pengalamannya, ada banyak inisiator dan kolaborator dengan ide yang membuatnya terkagum-kagum bahkan merinding. Dia mencontohkan proyek kolaborasi antara NGO Greenpeace dengan DJ.

"Greenpeace itu mereka melindungi hutan. Kolaborasi dengan DJ, awalnya saya pikir mau ngapain? Mereka pergi ke hutan, merekam suara-suara alam dan dibuat musik yang dijadikan kampanye awareness, kalau gak ada hutan, lo gak akan bisa mendengar suara-suara indah ini. Itu keren dan gue merinding," paparnya.

Vidi berharap, platformnya ini bisa mewadahi lebih banyak lagi anak muda untuk berinovasi, karena menurutnya banyak dari mereka yang punya ide luar biasa namun tidak tahu bagaimana cara memulai dan menyalurkannya.

Krowd saat ini sudah bisa diakses di website krowd.id atau melalui aplikasi mobile Krowd yang bisa didownload di Google Play untuk perangkat Android. (rns/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments