Cahaya Bintang Terlihat di Bumi Tempuh Waktu Ribuan Tahun

JAKARTA - Cahaya bintang yang sampai ke Bumi menempuh perjalanan hingga ribuan tahun. Bintang tersebut walau mati atau musnah, cahayanya masih dapat terlihat oleh para pengamat di Bumi.

Hal ini mungkin karena cahaya bintang menempuh perjalanan dalam waktu yang lama. Dengan mengandalkan teknologi yang canggih, peneliti bisa mengamati cahaya bintang tersebut.

BERITA TERKAIT +

Dalam buku 'Sains berbasis Alquran' karangan Ridwan Abdullah Sani, dijelaskan bahwa ada bintang yang ukurannya jauh lebih besar daripada matahari. Akan tetapi, karena jaraknya sangat jauh, hanya terlihat seperti titik cahaya.

Baca juga: Tampak Datar, Ini Bentuk Bumi yang Sesungguhnya Dijelaskan Alquran dan Sains

Jika manusia membandingkan dimensi jarak antarbintang dengan dimensi kehidupan di Bumi, ukuran Bumi tampak seperti sebutir debu. Bintang yang terlihat kecil sebenarnya merupakan benda angkasa yang sangat besar.

Demikian pula matahari yang ada di tata surya. Jika dilihat dari galaksi lain, maka matahari akan terlihat seperti titik cahaya.

Baca juga: Saat Kiamat, Ini yang Terjadi pada Bumi Dijelaskan Alquran dan Sains

Jika dalam satu detik cahaya menempuh jarak sejauh 300 ribu kilometer, dalam satu jam cahaya sudah menempuh jarak sejauh 1.080.000.000 kilometer.

Perjalanan cahaya di luar angkasa membutuhkan waktu yang lama dan jauh. Salah satu ayat Alquran mengungkap mengenai fenomena ini. "(Yaitu) bintang yang cahayanya menembus," Surah At-Tariq Ayat 3.

Kata ats-tsaqib berasal dari kata tsaqaba yang artinya menembus atau melubangi. Berdasarkan pengertian tersebut, makna kata an-najm ats-tsaqib ialah bintang yang cahayanya menembus langit.

Cahaya bintang muncul akibat pancaran sinar gamma yang dihasilkan oleh reaksi fusi inti pada inti bintang. Radiasi tersebut selanjutnya dipancarkan menuju permukaan bintang dan bertumbukan dengan material yang ada dalam bintang.

Ketika radiasi tersebut menembus bagian luar bintang, sebagian energinya berkurang, sehingga gelombangnya berubah dan menjadi cahaya tampak. Energi cahaya yang dipancarkan bintang masih cukup besar sehingga dapat menembus luar angkasa dan sampai ke Bumi.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments