Bill Gates Lunasi Utang Nigeria Rp1 Triliun demi Tangkal Virus Polio

JAKARTA – Bill Gates telah setuju melunasi utang Nigeria ke Jepang. Pelunasan utang yang dilakukan melalui Yayasan amal Bill Gates itu ditempuh demi membebaskan negara Afrika dari polio.

Yayasan Bill dan Melinda Gates (Bill and Melinda Gates Foundation) mengumumkan pihaknya akan menanggung utang senilai USD76 juta atau sekira Rp1.014 triliun berdasarkan kurs hari ini (18/1).

Nigeria mulanya mengambil pinjaman pada 2014 dan pembayaran dari pinjaman itu dimulai tahun ini, dengan jangka waktu pelunasan 20 tahun. Pinjaman itu merupakan bagian dari Overseas Development Assistance (ODA) yang diberikan oleh pemerintah Jepang pada 2014 untuk meningkatkan upaya pemberantasan polio.

Baca: Salut! Bill Gates, Orang Terkaya di Dunia Ternyata Hobi Cuci Piring

Menurut Quartz Africa, yayasan pendiri Microsoft itu setuju untuk membayar pinjaman tersebut atas nama Nigeria setelah negara itu mencapai vaksinasi polio lebih dari 80% dalam satu putaran setiap tahunnya, di area yang memiliki risiko polio sangat tinggi.

Berkat pinjaman itu, Nigeria telah mengatasi kasus polio setahun penuh pada 2017. Pada tahun tersebut, tak ada kasus polio satu pun yang dilaporkan muncul.

Kepada Independent, Paulin Basinga, Country Director Nigeria yayasan Bill dan Melinda Gates mengatakan bahwa Gates Foundation dengan senang hati melinasi pinjaman ke pemerintah Jepang berkat kepemimpinan yang kuat dari pemerintah Nigeria dalam pemberantasan polio.

Meski begitu, Basinga memperingatkan bahwa meski dalam setahun tak ada kasus polio yang muncul, masih ada risiko lanjutan karena virus itu belum sepenuhnya diberantas.

Baca juga: Mantap! Bill Gates Gelontorkan Rp1,1 Miliar untuk Bangun Smart City

Enam tahun lalu, Nigeria menyumbang hampir setengah dari semua kasus polio sehingga menimbulkan kekhawatiran meski negara tersebut sedang maju.

Pemberantasan polio sendiri merupakan proritas dari yayasan Bill Gates dimana yayasan itu juga telah membantu India membasmi polio hampir tujuh tahun lalu. Yayasan Bill Gates bahkan berjanji untuk melipatgandakan dana dari kelompok amal lainnya seperti Rotary International untuk diajukan demi melawan virus tersebut. Demikian seperti dilansir Independent, Kamis (18/1/2018). (lnm).

()

Berita Terbaru Hari Ini

Comments