Astronom Temukan Lubang Hitam 'Memuntahkan' Materi

JAKARTA - Dua sendawa pada lubang hitam yang terjadi dalam rentang 100.000 tahun memastikan bahwa lubang hitam supermasif melewati siklus hibernasi dan aktivitas. Selain itu, ternyata lubang hitam tidak menyimpan materi yang telah ia lahap, melainkan memuntahkannya kembali.

Ketika mereka mengonsumsi materi seperti gas atau bintang, mereka juga menghasilkan arus kuat dari partikel berenergi tinggi di dekat horizon.

"Lubang hitam adalah pemakan rakus, tetapi ternyata juga tidak memiliki tata krama yang bagus. Kami mengetahui banyak lubang hitam yang mengeluarkan satu sendawa, tetapi kita menemukan galaksi dengan lubang hitam supermasif yang memiliki dua sendawa,” kata pemimpin peneliti, Julie Comerford, seorang astronom di University of Colorado Boulder.

Baca juga: Penelitian Baru Buktikan Lubang Hitam Menghasilkan Bintang, Ini Penjelasannya

Lubang hitam yang dimaksud adalah lubang hitam supermasif di pusat galaksi yang disebut SDSS J1354 + 1327 atau J1354. Berjarak sekira 800 tahun cahaya dari Bumi, dan muncul di data Chandra sebagai titik terang emisi sinar-X, cukup terang hingga mencapai jutaan atau bahkan miliaran kali lebih besar daripada Matahari.

Tim peneliti membandingkan data sinar-X dari observatorium sinar-X Chandra dengan gambar dari Teleskop Luar Angkasa Hubble. Mereka menemukan bahwa lubang hitam tersebut dikelilingi oleh awan debu dan gas yang tebal.

“Kami melihat objek tersebut beraktivitas, bersendawa, lalu ‘tidur’, kemudian beraktivitas dan bersendawa kembali, seperti yang diprediksi oleh teori. Untungnya, kami kebetulan mengamati galaksi ini pada saat kami dapat dengan jelas melihat bukti dari kedua kejadian tersebut," kata Comerford.