Adam Osborne, Penulis Buku yang Ciptakan Laptop Pertama di Dunia

JAKARTA - Munculnya laptop ternyata bermula dari kreativitas seorang penemu bernama Adam Osborne. Pria kelahiran 5 Maret 1939 ini dikenal sebagai penemu laptop pertama di dunia.

Adam Osborne lulus dari Universitas Birmingham pada 1961 dan kemudian menerima gelar Ph.D. dari University of Delaware. Ia pernah menikah dan bercerai dua kali, pertama untuk Cynthia Geddes dan kemudian kepada Barbara Zelnick.

BERITA TERKAIT +

Osborne memiliki dua saudara perempuan dan tiga anak, Alexandra yang tinggal di Sacramento, Marc yang tinggal di Miami, dan Paul yang tinggal di Berkeley.

Baca juga: Inikah Laptop Terbesar yang Pernah Ada?

Putranya Paulus Osborne adalah spesialis pendidikan dan penulis LD SAT Study Guide, manual SAT terkenal bagi siswa dengan ketidakmampuan belajar. Pada 1992, Osborne pindah ke India karena kesehatan menurun, menderita gangguan otak yang sering memicu stroke. Dia meninggal pada 18 Maret 2003, di Kodaikanal, India, saat usia 64 tahun.

Baca juga: 3 Aplikasi Pelacak Laptop yang Dicuri, Apa Saja?

Laptop awalnya tercipta dari ide Alan Kay yang memiliki konsep terhadap komputer jinjing yang menjadi cikal bakal laptop. Ide dari Alan Kay itulah yang kemudian diadopsi oleh Adam Osborne.

Sebelum menciptakan laptop, Adam Osborne adalah seorang penulis buku komputer dan memiliki kecintaan terhadap dunia teknologi. Diambil dari berbagai sumber, Osborne dikenal menciptakan komputer portabel secara komersial pertama, yakni Osborne 1, dirilis pada bulan April 1981.

Awalnya laptop Osborne 1 memiliki berat sebesar 10,7 kg dengan harga yang dipasang yakni Rp16 juta. Karena kala itu harga tersebut dinilai sangat tinggi, tidak semua orang bisa memilikinya.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments