6 Keunggulan Otak Galaxy S9 yang Saingi iPhone X

Jakarta - Samsung telah mengumumkan kemunculan Exynos 9810, chip teranyarnya yang diproyeksikan untuk digunakan oleh Galaxy 9, dengan beberapa pengembangan di dalamnya.

Pengumumkan hadirnya Exynos 9810 pun sekaligus memunculkan beberapa fitur dari chip tersebut, yang bisa jadi dapat langsung dinikmati oleh para pengguna Galaxy S9. Smartphone flagship ini kabarnya hadir dalam bulan bulan ini.

Berikut beberapa pengembangan yang dapat diwujudkan Exynos 9810 pada smartphone flagship selanjutnya milik Samsung, seperti detikINET kutip Jumat (5/1/2018).

1. Tandingan FaceID dan Animoji

Salah satu tajuk utama dari fitur yang dibawa oleh Exynos 9810 adalah kemampuan dalam memindai wajah penggunanya secara tiga dimensi, yang salah satu fungsinya dapat digunakan untuk membuka ponsel dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Hal ini tentu mirip dengan apa yang dimiliki oleh iPhone X lewat fitur FaceID, sekaligus animoji.

Sejatinya, Galaxy S8 pun sudah memiliki fitur pemindai wajah, namun belum dapat diwujudkan secara tiga dimensi sehingga masih bisa dikelabui oleh gambar biasa.

2. Video 4K dan Slow Motion

Salah satu pengembangan besar yang diberikan pada Galaxy S9 adalah kemampuannya dalam merekam video dengan kualitas 4K hingga 120fps.

Hal ini cukup signifikan mengingat ponsel lain, misalnya iPhone X, hanya dapat merekam maksimal pada 60fps.

Pengembangan tersebut, secara tidak langsung memungkinkan Galaxy S9 untuk merekam video slow-motion pada kualitas 4K, walaupun keterangan tersebut tidak disebutkan oleh Samsung.

3. Lebih Kuat dan Cepat

Empat dari delapan inti yang dimiliki Exynos 9810 dapat mencapai kecepatan hingga 2,9GHz, sedangkan sisanya bekerja pada 1,9GHz. Exynos 8895 sendiri hanya mampu mencapai 2,3GHz dan 1,7GHz.

Lalu, chip ini juga dapat melampaui kemampuan pendahulunya hingga dua kali lipat dalam mode single-core, serta 40% pada kondisi multi-core, yang ditambah dengan peningkatan performa pada GPU sebesar 20%.

Exynos 9810 menjadi salah satu chip pertama yang mengadopsi Cat.18 LTE modem sehingga dapat meningkatkan kecepatan jaringan provider hingga 6 kali lipat.

Hal tersebut membuat Galaxy S9 dapat memiliki kecepatan pada 1,2 Gbps untuk download dan 200 Mbps dalam melakukan upload.

4. Pengembangan Kamera

Dengan hadirnya dual-ISP (image signal processor), kemampuan kamera Galaxy S9 diperkirakan akan lebih baik sekaligus cepat dibanding pendahulunya.

Satu dari dua ISP tersebut bekerja pada performa tinggi, sedangkan yang lainnya hanya membutuhkan sedikit tenaga, sehingga dapat memperpanjang umur baterai.

Ditambah, Exynos 9810 juga memungkinkan dalam pengambilan autofocus lebih cepat, peningkatan pada image stabilization, pengurangan noise pada kondisi cahaya redup, hingga pengembangan face beautification.

5. Bixby yang Lebih Baik

Meskipun bisa dikatakan, Bixby masih belum setara dengan Alexa, Google Assistant, hingga Siri dalam urusan percakapan, namun Exynos 9810 memberikan hal yang berbeda di dalamnya.

Chip ini dapat menggunakan software berbasis deep-learning untuk mengenali benda maupun wajah seseorang dalam foto secara akurat.

Jadi paling tidak sektor audio akan lebih baik mengingat Exynos 9810 memperbarui susbsistem audio di dalamnya untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan stabil tanpa menghabiskan banyak daya.

Hal tersebut memungkinkan para pengguna untuk mendengarkan musik tanpa khawatir kehabisan banyak baterai.

6. Ketajaman Layar

Meskipun tidak disebutkan oleh Samsung, ada kemungkinan layar dari Galaxy S9 akan mengalami peningkatan signifikan.

Hal ini disebabkan Exynos 9810 dapat mendukung layar pada kualitas 4K UHD (4096 x 2160) atau WQUXGA (3840 x 2400).

Jika benar terjadi, maka ini akan sangat memanjakan mata penggunanya, mengingat Galaxy S8 'hanya' memiliki layar dengan kualitas 2960 x 1440.

Pengembangan tersebut juga dapat memiliki pengaruh yang besar terhadap pengalaman virtual reality (VR) penggunanya. (fyk/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments