10 Tahun Lalu Steve Jobs Mengubah Masa Depan Laptop

Jakarta - Setelah mengumumkan iPhone pada 2007, setahun berikutnya Steve Jobs merilis perangkat baru. Kehadirannya telah mengubah masa depan laptop dewasa ini.

Ya, tepat 15 Januari 2008, Jobs mengumumkan Macbook Air pertama. Laptop tersebut hadir dengan desain super ramping dengan bobot sangat ringan.

Banyak yang tercengang kala itu. Sebab raksasa teknologi asal Cupertino, AS, itu berani mengubah pakem laptop. Mereka menanggalkan optical drive yang banyak dipakai di laptop yang ada di pasaran kala itu.

Saat dirilis, Macbook Air pertama ditenagai prosesor Intel Core 2 Duo berkecepatan 1,6 GHz. Dibekali RAM 2 GB dengan memori penyimpanan 80 GB. Dengan spesifikasi itu, Apple membanderol laptop super tipisnya itu seharga USD 1.799 atau setara Rp 22,5 juta.

10 Tahun Lalu, Steve Jobs Mengubah Masa Depan LaptopFoto: internet

Kehadiran Macbook Air lantas mengubah peta pasar notebook. Vendor-vendor komputer mengekor dengan membuat perangkat yang sama-sama tipis. Hal tersebut berlangsung hingga kini.

Namun, nasib Macbook Air sepertinya makin tidak jelas ke depannya. Pasalnya, Apple berhasil merilis perangkat notebook dengan spesifikasi lebih mumpuni tapi dengan desain tipis, salah satunya Macbook Pro.

Apakah Apple akan mematikan Macbook Air ke depannya atau tetap mempertahankannya, hanya waktu yang bisa menjawabnya. Tapi sekarang kita bisa ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-10 Macbook Air.

[embedded content]

(afr/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments