WhatsApp Bakal Batasi Posting-an Pengguna di Grup, Kenapa?

JAKARTA – WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk bercengkrama melalui group. Setiap anggota juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan konten apapun ke dalam grup tanpa harus melalui perizinan dari si admin.

Namun nampaknya hal itu akan segera berubah karena WhatsApp dikabarkan akan membatasi kemampuan anggota grup. Dalam hal ini, WhatsApp berencana untuk memberikan kuasa penuh kepada admin untuk mengatur isi pesan dalam percakapan grup.

BERITA TERKAIT +

Admin grup bahkan bisa membungkam anggota grup untuk berhenti mengobrol. Artinya, hanya admin yang akan memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan apapun dalam grup. Sementara anggota grup hanya berkemampuan untuk membaca pesan saja.

Baca: Meski Telah Dihapus, Pesan WhatsApp Ternyata Masih Bisa Dilihat

Fitur WhatsApp bertajuk ‘Restricted Group’ ini hanya bisa diaktifkan oleh admin grup. Jika fitur itu diaktifkan, maka anggota grup tak dapat mengirimkan pesan teks, gambar, video, GIF, dokumen, pesan suara, atau berbagi lokasi.

Jika terdesak untuk mengirimkan pesan, anggota grup dapat memanfaatkan tombol ‘Message Admin’. Namun pesan itu harus melalui izin sang admin sebelum akhirnya muncul dalam grup.

Fitur ini dinilai bermanfaat misalnya dalam pesan penting yang tak ingin tertindih oleh pesan-pesan lainnya. Hal ini akan mempermudah admin untuk membagikan pesan pentingnya dan terus diingat oleh anggota grup.

Baca juga: Nih! Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

Tak perlu khawatir tak bisa berkomentar dalam grup, karena fitur ini hanya dapat bertahan hingga 72 jam saja. Setelah fitur itu dinonaktifkan, anggota grup kembali dapat berbincang seperti sedia kala.

Fitur batasan dalam grup ini mulanya terdeteksi oleh WABetaInfo, dalam WhatsApp versi beta untuk iOS dan Android. WhatsApp sendiri belum mengumumkan kapan fitur ini akan digulirkan secara global. Demikian seperti dilansir Independent, Senin (4/12/2017). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments