Wah, Pengawalan Pribadi Bos Apple Habiskan Rp 3 Miliar

Jakarta - Sebagai seorang CEO Apple, Tim Cook mendapatkan perilaku khusus dari perusahaan, mulai menggunakan pesawat jet khusus sampai pengawalan pribadi. Keistimewaan ini rupanya menghabiskan dana yang tidak sedikit.

Dalam laporan yang dirilis Apple baru-baru ini menyebutkan bahwa untuk perjalanan pribadi Cook menghabiskan USD 93.109 atau Rp 1,261 miliar. Sementara untuk biaya keamanan pribadi, Apple menggelontorkan sampai USD 224.216 atau Rp 3,038 miliar.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini berjalan saja Apple mengalokasi dana sebesar USD 317.325 atau Rp 4,3 miliar hanya untuk perjalanan dan pengawalan pribadi Cook.

Biaya-biaya tersebut ditanggung oleh Apple. Bahkan dewan direksi Apple mewajibkan Cook untuk menggunakan jet pribadi dalam setiap perjalannya. Keamanan dan kenyamanan menjadi alasannya perlakuan khusus perusahaan kepada suksesor Steve Jobs ini.

"Kebijakan ini telah diterapkan pada 2017 untuk kepentingan keamanan dan efisiensi berdasarkan profil global kami dan peran Cook sebagai CEO," kata Apple dalam pernyataannya dilansir detikINET dari Business Insider, Jumat (29/12/2017).

Wah, Pengawalan Pribadi Bos Apple Habiskan Rp 3 MiliarFoto: Reuters

Pada laporan ini juga, Apple membeberkan perihal gaji Cook untuk tahun 2017. Tahun ini, pria yang bergabung dengan Apple sejak 1998 silam tersebut mengantongi USD 12,8 juta atau Rp 173 miliar. Secara rinci, pemasukan Cook termasuk gaji tahunan USD 3,06 juta, bonus tunai USD 9,3 juta dan tambahan kompensasi lainnya.

Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pemasukan Cook mengalami peningkatan. "Perbandingan sebelumnya dia dibayar USD 8,7 juta dalam setahun yang meliputi gaji USD 3 juta, bonus 5,4 juta dan tambahan kompensasi mencapai USD 378 ribu," tulis dalam laporan tersebut. (agt/afr)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments