Ternyata Tulang Mampu Tumbuh dan Merawat Dirinya Sendiri

JAKARTA – Setiap organ tubuh manusia memiliki fungsi tersendiri yang kemudian berkolaborasi dengan organ lainnya dalam mendukung kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Begitu pula halnya dengan tulang yang hampir mendominasi tubuh manusia.

Tahukah Anda bahwa tulang tumbuh dan merawat dirinya sendiri? Dijelaskan Harun Yahya, tulang-tulang pada tubuh merupakan sistem yang dirancang sebegitu hebat.

BERITA TERKAIT +

Sebagaimana disadari, tulang-tulang mampu melakukan berbagai gerakan yang berbeda-beda. Hal ini bahkan dilakukan tulang dengan mudah dan dalam waktu yang cepat.

Dalam tubuh terdapat sambungan sebagai tempat tulang saling terhubung satu sama lain. Misalnya, seseorang bisa membungkuk atau meregangkan tangan dan kaki karena adanya sambungan yang terletak pada siku dan lutut.

Menariknya meski selama hidup manusia melakukan berbagai gerakan, sambugan-sambungan pada tulang tetap berfungsi dan terlumasi dengan baik. Lain halnya dengan mesin atau alat mekanik lainnya yang memerlukan pelumasan secara rutin sebagai perawatan.

Para ilmuwan telah meneliti dan menghasilkan kesimpulan bahwa pada setiap titik sambungan, terdapat kartilase atau jaringan yang kuat dan lentur yang memenuhi ujung tulang. Selain itu, adanya selaput tipis yang mengeluarkan cairan khusus menghubungkan seluruh rongga sambungan.

Cairan khusus itu akan keluar dari selaput dan melumasi sambungan saat tulang memberi tekanan pada sebuah sambungan. Hal ini rupanya telah lama disebutkan dalam Alquran.

“Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia ‘Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?’ Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: ‘Berapa lamanya kamu tinggal di sini?’ Ia menjawab, ‘Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari.’ Allah berfirman: ‘Sebenarnya kamu telah tinggal seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum berubah; dan lihatlah keledaimu (yang telah menjadi tulang belulang). Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah tulang belulang keledai itu-, kemudian Kami menyususnnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging.’ Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati), dia pun berkata: "Saya mengetahui bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." Surah Al Baqarah 259. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments