Teknologi Fingerprint di Layar Menjamur untuk Smartphone 2018

JAKARTA – Teknologi fingerprint di layar telah lama digembar-gemborkan menjadi salah satu fitur yang akan diusung oleh beberapa vendor smartphone. Namun fingerprint di layar hingga saat ini pun tak dapat dijajal pengguna.

Kabar baiknya, Synaptics – perusahaan yang mengembangkan input sentuhan pada laptop dan smartphone, mengumumkan bahwa pihaknya telah memasuki tahap produksi massal untuk fingerprint di layar.

BERITA TERKAIT +

Baca: Nah Loh! Bukan di Galaxy Note 8, Samsung Akan Memulai Debut Pemindai Sidik Jari di Layar Tahun Depan

Bertajuk Clear ID, teknologi fingerprint di layar ini disebut akan bekerja sebagaimana sensor sidik jari yang digunakan pada Galaxy S8 atau iPhone. Bedanya, teknologi baru ini akan lebih canggih karena smartphone mampu mengotentikasi pengguna hanya dengan menyentuh layar.

Clear ID Synaptics akan diproduksi pada smartphone besutan 5 vendor teratas dunia, tanpa disebut secara rinci. Artinya, teknologi itu akan segera diadopsi oleh setidaknya Apple, Samsung, Huawei, Oppo / Vivo, atau Xiaomi.

Siapapun vendor yang akan bekerjasama dengan Synaptics untuk fingerprint di layar ini, dapat dipastikan bahwa teknologi tersebut akan meluncur di 2018.

Baca: Bukan Samsung atau Apple, Vivo Segera Pamer Fingerprint di Layar

Beberapa vendor sebelumnya dirumorkan akan merilis smartphone dengan teknologi fingerprint di layar pada 2017. Vivo bahkan pernah mem-posting gambar yang mengisyaratkan teknologi tersebut untuk smartphone-nya.

Sayangnya teknologi canggih itu belum terwujud hingga akhir tahun 2017 ini. Demikian seperti dilansir The Verge, Kamis (14/12/2017). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments