Spotify Kolaborasi dengan Tencent, Mau Apa?

Jakarta - Spotify dan Tencent berkolaborasi dengan saling berinvestasi di kedua perusahaan itu. Apa yang jadi tujuan dalam kolaborasi ini?

Kerja sama antara Spotify, Tencent -- tepatnya Tencent Music Entertainment Group (TME) -- ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan kedua layanan itu di berbagai pasar di seluruh dunia, demikian dikutip detikINET dari Venture Beat, Senin (11/12/2017).

Spotify boleh saja populer di berbagai negara di dunia, namun sampai saat ini mereka masih absen di Negeri Tirai Bambu. Di lain pihak, TME adalah penyedia layanan streaming musik besar di China, selain sejumlah layanan lain seperti QQ Music, KuGou dan Kuwo.

Dengan kerja sama ini, Spotify dan TME sama-sama mendapatkan sejumlah kecil saham di masing-masing perusahaan. Sementara Tencent juga akan berinvestasi di Spotify secara langsung.

CEO TME Cussion Pang menyebut kalau antara Spotify dan TME akan mencari cara untuk berkolaborasi, dengan tujuan yang sama. Yaitu menghasilkan ekosistem layanan streaming musik yang menguntungkan pengguna, artis, dan pemilik konten.

Bisa dibilang ini adalah taktik pintar Spotify untuk mulai menggarap pasar China. Karena sebelumnya sudah banyak perusahaan teknologi dari luar China yang mencoba menggarap pasar China yang besar, namun kesulitan untuk menembus Negeri Tirai Bambu itu.

Contohnya Uber yang sudah mengibarkan bendera putih alias menyerah dalam bersaing dengan layanan lokal sejenis, yaitu Didi Chuxing. Bahkan saat Apple Music pun sulit untuk bersaing di China ketika pertama dirilis pada 2015 lalu. Saat itu Tencent adalah pemegang pasar musik digital di China, dengan pangsa pasar lebih dari 75% (asj/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments