Sistem Bintang TRAPPIST-1 Miliki Kehidupan Alien, Benarkah?

JAKARTA - Ilmuwan mengklaim memiliki penjelasan mengenai kehidupan alien di salah satu planet yang mengorbit bintang jauh. Sistem bintang ini disebut dengan TRAPPIST-1.

Dilansir Metro, Minggu (31/12/2017), sistem bintang ini disebut juga dengan ungkapan dunia tujuh planet seukuran Bumi. Sistem bintang TRAPPIST-1 mampu bertahan di atmosfer selama lebih dari satu miliar tahun, faktor penting dalam pengembangan kehidupan.

BERITA TERKAIT +

Sebuah tim ilmuwan dari universitas, termasuk di Harvard dan Princeton baru saja menerbitkan sebuah makalah yang membahas 'implikasi untuk habitability' yang berasal dari analisis atmosfer planet-planet ini.

Baca juga: Peneliti Mulai Deteksi Kehidupan Alien di Tujuh Planet Baru

TRAPPIST-1 adalah 'bintang kerdil ultracool' yang berjarak 39,6 tahun cahaya dari Bumi dan lebih tua dari Bumi. Jika salah satu planetnya memiliki atmosfer, itu bisa berarti mendukung kehidupan.

"Kehadiran atmosfer pada rentang waktu yang cukup panjang secara luas dianggap sebagai salah satu kriteria paling menonjol yang terkait dengan kegunaan permukaan planet," tulis para akademisi.

"Kami menyimpulkan bahwa planet luar sistem TRAPPIST-1 mampu mempertahankan atmosfir mereka selama rentang waktu miliar tahun," kata peneliti.

Baca juga: Planet Asing Diduga Miliki Kandungan Air, Benarkah Dapat Dihuni?

Planet sering kehilangan atmosfernya saat mereka dibombardir dengan 'angin matahari' radioaktif oleh bintang induknya. Dipercaya inilah mengapa Mars kehilangan airnya untuk menjadi dunia yang kering dan tandus yang manusia kenal sekarang.

Penelitian baru menunjukkan bahwa beberapa planet dalam sistem TRAPPIST-1 mungkin memiliki cukup perlindungan dari angin matahari untuk mempertahankan atmosfer.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments