Selain Nonton Star Wars, Ini yang Dilakukan Astronot di Luar Angkasa

JAKARTA – Jutaan orang merayakan hari raya Natal dengan bertukar hadiah dan berbagi makanan. Tentu saja hal tersebut berlangsung di berbagai negara di Bumi.

Tak ingin ketinggalan merayakan Natal, tiga astronot juga menyambut Natal dari luar angkasa tepatnya di stasiun luar angkasa (ISS). Mereka tengah berada dalam sebuah misi dan mengambang dengan jarak sekira 400 kilometer di atas Bumi.

BERITA TERKAIT +

Baca: Mengintip Serunya Astronot Membuat Pizza di Luar Angkasa

Tiga astronot NASA yang berada di kapal ISS yakni Joe Acaba, Mark Vande Hei dan Scott Tingle. Alih-alih melakukan penelitian atau eksperimen sains, mereka menghabiskan waktunya untuk bersantai, membuka hadiah dan berkomunikasi dengan keluarga mereka.

Hadiah dari rekan dan keluarga mereka dikirimkan pada 19 Desember dan November lalu melalui pesawat luar angkasa Cygnus.

“Kami memiliki paket dan hadian dari keluarga dan teman kami, dan paket di blackboard ISS yang diberi label dibuka pada 25 Desember untuk awak kapal AS dan 31 Desember untuk kami dari Rusia,” kata kosmonot Anton Shkaplerov kepada wartawan pada 16 Desember, satu hari sebelum diluncurkan ke ISS dengan Tingle dan astronot Jepang Norishige Kanai.

Tak hanya itu, Natal mereka juga dilengkapi dengan satu pohon Natal buatan berukuran kecil di atas ISS.

Baca juga: Astronot Saksikan Star Wars: The Last Jedi di Luar Angkasa

“Kami sudah memiliki pohon natal di atas kapal, dan ada pohon natal baru yang akan segera datang," kata Shkaplerov saat briefing sebelum meluncur.

Selain itu, para astronot di ISS juga dimanjakan dengan film Starwars: The Last Jedi yang ditayangkan di luar angkasa. Demikian seperti dilansir Space, Rabu (27/12/2017). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments