Rahasia Zat Klorofil Diungkapkan Alquran

JAKARTA – Beragam tumbuhan baik yang dikonsumsi manusia maupun hanya sebagai tanaman, lekat dengan daun berwarna hijau. Daun sendiri memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan tumbuhan.

Daun pada tumbuh-tumbuhan memiliki fungsi sebagai tempat pengolahan yang memproduksi berbagai bahan makanan dan diproses melalui sinar matahari. Peranan sinar matahari menjadi unsur penting dalam proses pembuatan bahan makanan.

BERITA TERKAIT +

Proses selanjutnya yakni perpaduan unsur karbondioksida melalui pori-pori yang menutupi permukaan daun.

Sinar matahari diterima melalui daun, kemudian air diserap melalui akar, serta zat pokok sebagai terciptanya proses kimiawi. Zat pokok tersebut juga disebut klorofil, atau zat berwarna hijau yang terdapat pada daun tumbuh-tumbuhan.

Klorofil pun memiliki manfaat yang banyak sebagai sumber pokok bagi elektron yang banyak mengandung energi, sebagai proses pembuatan bahan makanan di dalam sel.

Zat hijau atau klorofil memiliki peranan penting bagi kehidupan berbagai tumbuh-tumbuhan. Tak hanya itu, klorofil juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Dikutip dari berbagai sumber, klorofil sangat efektif untuk membersihkan racun di usus, darah, atau lever. Berbagai logam berat dan ringat dalam tubuh manusia juja bisa hilang berkat zat hijau tersebut.

Konsumsi klorofil yang cukup juga mampu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah. Bahkan penelitian baru menemukan bahwa klorofil mampu mencegah kanker dengan cara mengekang pertumbuhan sel kanker.

Rupanaya zat hijau yang tersimpan dalam klorofil dan kaya akan banyak manfaat ini juga telah diterangkan Allah dalam firmanNya.

“Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau, maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu.” Al quran surah Yaasiin ayat 30. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments