Pemerintah Dorong Startup Lokal Bergelar Unicorn

Jakarta - Pemerintah mendorong startup digital menyandang status unicorn pada 2019. Unicorn menjadi indikator kematangan ekosistem digital.

Seperti diketahui, startup yang bergelar unicorn adalah mereka yang memiliki valuasi bisnis mencapai USD 1 miliar. Maka dari itu, program The Next Indonesia Unicorn (NextICorn) digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Kita tidak bisa memastikan unicorn itu ada berapa tapi saya katakan lebih dari lima pada 2019," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Di awal kepemimpinan Rudiantara sebagai Menkominfo pada era pemerintahan Jokowi, dia terus mendorong startup lokal dapat menyandang gelar unicorn. Tak hanya itu, startup tersebut juga hadir menyelesaikan persoalan dengan sentuhan teknologi.

Pemerintah Dorong Startup Lokal Bergelar UnicornFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Dorongan dari pemerintah beragam, mulai dari pendekatan kepada investor hingga memboyong startup tersebut ke Silicon Valley.

"Dulu saya tergetkan lima unicorn akhir 2019, sekarang sudah jadi ada empat, saya yakin nanti ada lebih dari lima. Jadi, berapanya belum tahu karena itu faktornya tidak dipegang oleh pemerintah, melainkan tergantung transaksi, yang pemerintah lakukan adalah dengan menghadirkan iklim yang kondusif atas investasi," tutur dia.

Sejauh ini, ada satu startup yang menyusul status unicorn, yaitu Bukalapak. Startup yang bergerak di bidang e-commerce ini kini setara dengan Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka yang sudah lebih dulu menyandang gelar tersebut.

"Iya (Bukalapak itu startup unicorn). Saya belum tahu nilainya berapa tapi mereka kemarin men-declare," tutupnya. (rns/rns)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments