Paten Apple Bikin Fitur Siri Makin Pintar, Seperti Apa?

JAKARTA - Apple Siri merupakan fitur canggih yang memungkinkan pengguna melakukan suatu permintaan atau perintah kepada perangkat melalui ucapan lisan. Dengan fitur ini, memudahkan pengguna untuk mengandalkan perangkat tanpa perlu mengetik atau menekan tombol.

Dilansir Ubergizmo, Minggu (17/12/2017), menurut paten yang baru-baru ini ditemukan oleh Gizmodo via 9to5Mac, tampaknya Apple tengah mematenkan teknologi yang membuat Siri lebih berhati-hati atau bijaksana ketika merespon pengguna.

BERITA TERKAIT +

Pada dasarnya hak paten tersebut menggambarkan situasi di mana jika Anda membisikkan perintah kepada Siri, Siri akan dapat mendeteksi bahwa Anda sedang berbisik dan memberikan tanggapan berbisik sebagai balasannya.

Ini bisa berguna dalam semua situasi, di mana jika Anda sedang rapat dan Anda ingin menggunakan Siri untuk mengirim balasan, atau jika Anda berada di lingkungan di mana Anda tidak bisa berbicara keras, misalnya di perpustakaan.

Baca juga: Apple Minta Bantuan Psikolog untuk Tingkatkan Siri, Kok Bisa?

Selain itu, mungkin Anda tidak ingin percakapan Siri terdengar orang lain. Akan tetapi, tampaknya ada beberapa masalah dengan sistem itu, di mana ketika Siri berbisik justru akan mengungkap informasi yang sifatnya sensitif.

Ide ini terdengar cukup menarik, di mana fitur asisten digital akan lebih mampu membaca situasi dan memahami pengguna dengan baik. Belum diketahui kapan fitur itu bisa benar-benar dirasakan oleh para pengguna secara luas.

Baca juga: Apple Kucurkan Rp5,3 Triliun Demi Perkuat Fitur iPhone X

Apple Minta Bantuan Psikolog Tingkatkan Siri

Apple sedang mencari seorang teknisi yang memiliki latarbelakang di bidang psikologi atau konseling. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kemampuan asisten digital miliknya, yakni Siri.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, calon pelamar harus memiliki ijazah di bidang sains komputer atau berpengalaman dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) berupa pemrosesasn bahasa natural atau mesin pembelajar.

"Kami mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan tentang kekuatan data dan memiliki kemampuan untuk mentransformasikan data untuk sumber kecerdasan yang akan membantu Siri ke level berikutnya," tulis Apple.

"Seseorang dengan kombinasi kuat dalam kemampuan pemrograman dan dapat bekerja secara tim untuk berkolaborasi dengan teknisi di beberapa area teknis Anda akan tumbuh di lingkungan yang serba cepat dengan prioritas yang berubah dengan cepat," lanjutnya.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments