Nilai Perusahaan Spotify Kini Capai Rp257 Triliun

JAKARTA - Nilai perusahaan Spotify mengalami peningkatan sebesar 20% yang membuatnya kini bernilai USD19 miliar atau Rp257 triliun.

Pada awal musim gugur tahun ini, nilai perusahaan Spotify masih berada di angka USD16 miliar. Melambungnya nilai perusahaan asal Swedia tersebut, didorong oleh kenaikan harga saham dari USD4.000 per lembar menjadi USD4.200 per lembar saham.

BERITA TERKAIT +

Salah satu sumber menyebutkan bahwa perdagangan saham Spotify baru-baru ini telah mencapai harga tertingginya. Selain itu perusahaan itu juga dikabarkan berencana untuk melantai bursa di pasar saham Amerika Serikat.

Menguatkan informasi naiknya harga perusahaan Spotify, pembelian saham Spotify milik Tencent juga meningkat menjadi USD5.000 per lembar, demikian dikutip dari Venture Beat, Jumat (15/12/2017).

Pekan lalu, Spotify dan Tencent dikabarkan telah saling membeli saham di masing-masing perusahaan sebesar 10%. Sayangnya tak diungkap berapa nilai pembelian yang keduanya lakukan.

Kesepakatan tersebut membuka peluang Spotify untuk berbisnis di China melalui layanan streaming musik. Saat ini Spotify telah beroperasi di 61 negara dunia dan memiliki jumlah pengguna 140 juta secara global, di mana 60 juta di antaranya merupakan pelanggan berbayar.

Sementara itu Tencent melalui unit usahanya, Tencent Music Entertainment, memiliki anak perusahaan QQ Music dan KuGou. Basis pengguna dari perusahaan tersebut adalah 450 juta. Dengan adanya kerja sama ini, beban Spotify soal tantangan pasar China diperkirakan bakal berkurang.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments