Mengintip Serunya Astronot Membuat Pizza di Luar Angkasa

JAKARTA - Seorang astronot asal Italia bernama Paolo Nespoli bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama lebih dari 100 hari. Selama berada di luar angkasa, ia belum pernah mencicipi makanan favoritnya.

Nespoli mengatakan bahwa ia merindukan pizza, makanan khas negaranya. Beruntung tim yang berada di Bumi mengetahui keinginannya.

BERITA TERKAIT +

Manajer program ISS Kirk Shireman kemudian mengirimkan beragam bahan baku untuk membuat pizza di luar angkasa. Bahan-bahan tersebut dikirimkan melalui pesawat luar angkasa Cygnus yang mengangkut bahan kebutuhan ke ISS.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Bakteri Hidup di Stasiun Luar Angkasa

Beberapa komposisi untuk membuat pizza seperti boboli, saus pizza, potongan keju, buah zaitun dan pepperoni, dikirimkan ke ISS agar Nespoli bisa meracik pizza buatannya sendiri.

Mengutip halaman CNet, Selasa (5/12/2017), meski demikian ia bukanlah satu-satunya orang yang mencicipi pizza di luar angkasa. Randy Bresnik dari NASA mengunggah foto Nespoli dan rekannya di ISS sedang pesta membuat pizza.

Dari video yang diunggah di YouTube, terlihat bahwa mereka meracik pizza secara bersama-sama. Selain itu karena minimnya gaya gravitasi, mereka juga terlihat bermain-main dengan makanannya. Pizza itu terlihat mengapung di udara.

Tampaknya bahan pembuat pizza yang dibawa ke luar angkasa sedikit berbeda dan lebih lengket. Pasalnya topping atau bahan pelengkap seperti buah zaitun di atas pizza mampu melekat dengan kuat.

Baca juga: Ingin Tinggal di Luar Angkasa? Nih Persiapan yang Harus Anda Lakukan 

Simak video berikut ini untuk melihat serunya para astronot membuat dan berpesta pizza di luar angkasa.

[embedded content]​

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments