Marketplace Tekstil Geber Industri 4.0 di China

Jakarta - Fokus pada Industri 4.0, 88Spares yang merupakan marketplace B2B untuk suku cadang mesin tekstil berharap bisa mendorong industri tekstil secara keseluruhan untuk menjadi lebih digital.

Salah satunya dilakukan dengan mengikuti gelaran ShanghaiTex 2017, di kota Shanghai, China. Revolusi Industri 4.0 sendiri menekankan pada implementasi kemajuan teknologi dalam hal produksi, digitalisasi, keberlangsungan, dan servitisasi.

Dalam acara tersebut, 88Spares turut menggelar sebuah seminar yang bertemakan Developing Digital Market atau mengembangkan pasar digital, dalam usahanya membantu ekosistem industri mesin tekstil untuk merangkul era teknologi.

Sebelum China, 88Spares telah menjelajah Eropa, khususnya Italia dan Jerman untuk mengajak para vendor di benua biru Eropa bergabung dalam platform mereka. Apalagi melalui layanannya, marketplace ini bisa membantu para vendor suku cadang mesin tekstil untuk menjual produknya secara langsung kepada pembeli.

Adapun permasalahan yang seringkali dihadapi ada pada rantai pemasokan, yang terlampau panjang antara vendor ke pembeli, yang membuat keuntungan untuk kedua belah pihak terpangkas.

"Hal yang kita pelajari setelah berbincang-bincang dengan vendor-vendor di Eropa adalah banyak sekali bisnis mesin tekstil yang membutuhkan solusi efisien agar bisa siap dan bertahan dalam industri 4.0," ujar Rosari Soendjoto, CMO sekaligus Co-founder dari 88Spares, dalam keterangannya.

"Fokus kami ketika membangun teknologi pada platform kami, dari fitur e-commerce sederhana hingga teknologi tingkat tinggi yang melibatkan Kecerdasan Buatan, adalah membantu menyelesaikan permasalahan ini bagi seluruh pemangku kepentingan dan memberdayakan industri secara keseluruhan," jelasnya.

(yud/yud)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments