Mantan Pegawai Supermarket Jadi YouTuber Terkaya Dunia

Jakarta - Dan Middleton, atau lebih dikenal sebagai DanTDM, meraup USD 24,3 juta (sekitar Rp 330 miliar) dari memvideokan dirinya bermain game online.

Apa yang dilakukannya? Pria 26 tahun ini hanya menaruh rekaman game yang dimainkannya, sementara dia mendeskripsikan apa yang terjadi.

DanTM juga berbagi tips kepada orang-orang yang menonton videonya, mengenai bagaimana cara meraih level atau skor lebih tinggi dalam sebuah game.

Dari mana dia mendapatkan uang? Tentu saja dari iklan di video-videonya. Ini dikategorikan sebagai YouTuber profesional. Kini, dia menjadi YouTuber terkaya di dunia tahun 2017 menurut majalah Forbes.

Mantan pegawai supermarket Tesco di Aldeshot, Inggris ini ditonton lebih dari 16 juta orang. Secara umum, jika video YouTube konsisten menarik lebih dari 1.000 views, mereka bisa memonetisasi channel mereka melalui iklan.

Mantan Pegawai Supermarket Jadi YouTuber Terkaya DuniaFoto: NZ Herald

YouTube akan memberikan sekitar 68% dari keuntungan iklan untuk si YouTuber. Untuk 1.000 views, diperkirakan bisa memberikan keuntungan sekitar USD 2,17 bagi si YouTuber.

Dikutip dari NZ Herald, Jumat (8/12/2017), DanTDM baru-baru ini melakukan tur dunia selama 97 hari, termasuk salah satunya pertunjukan paling laris kedua sepanjang masa di Sydney Opera House, Australia.

Awal mula menjadi YouTuber

Mantan mahasiswa Northampton University ini mulai terjun menjadi YouTuber saat dirinya masih berkuliah. Dia mulai merekam dirinya memainkan game petualangan populer Pokemon.

Video-videonya saat ini fokus pada game Minecraft. Dia bahkan memegang rekor dunia dari Guinness sebagai channel video khusus Minecraft yang paling banyak ditonton.

Asyiknya lagi, DanTDM tak sendirian menjalankan hobinya yang menghasilkan duit ini. Jemma, gadis yang dinikahinya pada 2013, juga memainkan Minecraft.

Mantan Pegawai Supermarket Jadi YouTuber Terkaya DuniaFoto: NZ Herald

DanTDM bercerita, dirinya banyak menghabiskan waktu bersama bermain game dengan Jemma dan mendapatkan ide-ide saat bersamanya.

Satu hal yang mungkin sedikit membebaninya, dia merasa punya tanggung jawab menjadi contoh yang baik bagi para penggemar channel YouTube-nya, yang banyak ditonton oleh anak-anak usia 5-10 tahun.

"Ini adalah sesuatu yang tidak saya persiapkan sama sekali. Sesuatu yang perlahan saya pelajari dalam tiga tahun terakhir," ujarnya.

Januari lalu, dia dikritik oleh London Fire Brigade setelah memposting video dirinya menggunakan obor las untuk membakar mainan anak-anak.

Di sisi lain, DanTDM sadar bahwa YouTube merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan berkreativitas. YouTube bisa mengubah hidup seseorang.

"YouTube berevolusi dalam lima tahun terakhir. Dulu, jadi YouTuber dipandang sebelah mata," tutupnya. (rns/fyk)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments