Libatkan Seleb, Hasil Pencarian Google bakal Lebih Seru

Jakarta -

Google saat ini sedang menguji fitur terbaru agar layanan mesin pencariannya yang lebih seru. Misalnya saat ingin mencari informasi tentang sang artis, dengan fitur terbaru ini hasil pencariannya tak hanya berupa deretan artikel yang muncul, melainkan sang artis sendirilah yang akan memberi info tersebut lewat rekaman video.

Video tersebut akan muncul di bagian paling atas asalkan pertanyaan yang ditanya relevan dengan rekaman sang artis yang telah dibuat sebelumnya. Tampilan antar-mukanya pun secara vertikal layaknya sedang bermain Instagram Stories atau video call.

Fitur ini baru bisa dijalankan di ponsel dan sementara baru tersedia di Amerika Serikat. Namun Manajer Produk Google Rami Banna, menjanjikan fitur ini akan diperluas ke desktop dan dirilis secara global, seperti dilansir detikINET dari Mashable, Jumat (8/12/2017).

Dalam pembuatan fitur ini Google membuat aplikasi khusus di mana pertanyaan-pertanyaan dikumpulkan berdasarkan trending penelusuran Google. Misal seperti demo yang dipajang Google ini, ditampilkan 'Berapa banyak kemampuan bahasa aktris Bollywood Priyanka Chopra?'. Nah si artis sendiri yang memberikan jawabannya.
Hasil Pencarian Google Kini Lebih SeruFoto: Google

"Apa yang paling banyak ditanyakan dan juga apa yang sedang tren dengan sistem yang telah ditentukan paling banyak terkait dengan mereka, entah itu tentang pekerjaan atau keahlian mereka atau hal-hal yang benar-benar mereka sukai," demikian sistem baru ini berjalan.

Disini para artis dapat memilih pertanyaan mana saja yang akan mereka jawab dalam aplikasi tersebut. Begitu mereka merekam jawaban, video akan muncul di bagian atas hasil pencarian yang relevan. Banna menegaskan fitur pencarian model video ini tetap tunduk pada kebijakan konten yang berlaku.

Pada fitur ini, Google masih sedikit mengajak para artis yang turut berpartisipasi. Di antaranya Will Ferrell, Kenan Thompson, Allison Williams, dan Nick Jonas. Ke depannya Google pastinya akan lebih banyak menggaet artis lain.

(jsn/fyk)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments