Langka, Ini Spesies Burung Hibrida Pertama di Amazon

BRASILIA - Burung golden-crowned manakin, atau manakin bermahkota emas adalah burung yang sulit ditemukan, berhabitat di Amazon selatan-tengah. Burung ini merupakan spesies hibdrida yang pertama kali ditemukan di hutan hujan. Hibrida merupakan generasi hasil dari persilangan antara dua atau lebih populasi yang berbeda.

Burung yang pertama kali terlihat pada 1957 adalah keturunan yang telah lama hilang dari spesies manakin opal-crowned (bermahkota opal), dan manakin snow-capped (bertopi salju). Serangkaian studi genetik dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Toronto, Scarborough.

“Spesies tanaman hibrida sangatlah umum, tetapi spesies hibrida pada vertebrata (hewan bertulang belakang) langka sekali,” kata Jason Weir, penulis utama penelitian tersebut.

Baca juga: Evolusi Dinosaurus Bersisik Menjadi Burung Berbulu

Meskipun manakin bermahkota emas tinggal jauh dari spesies induknya, para peneliti menduga bahwa mereka terpisah selama zaman es di masa lalu ketika hutan hujan berkontraksi dan sungai-sungai yang luas terbentuk menjadi pembatas alami.

"Tanpa isolasi geografis, kemungkinan besar hal ini tidak akan pernah terjadi karena Anda tidak melihat hibrida tersebut berkembang sebagai spesies terpisah di daerah lain, di mana kedua asal spesies bertemu," tuturnya.