Jaringan 5G Mulai Digunakan di 2018

JAKARTA – Jaringan 5G cukup lama menjadi perbincangan berbagai pihak. Teknologi itu disebut akan menyajikan jaringan yang lebih kencang dan efisien ketimbang 4G yang sudah dinikmati banyak pengguna saat ini.

Jaringan 5G bahkan kini memasuki tahap selanjutnya dimana 3rd Generation Partnership Project (3GPP), yakni organisasi yang mengatur standar seluler telah menandatangani spesifikasi pertama untuk 5G. Hal tersebut berlangsung dalam sebuah pertemuan di Lisbon, Portugal, sebagaimana dilaporkan Fierce Wireless.

BERITA TERKAIT +

Baca: Nih! Fitur yang Bisa Dinikmati Bila Teknologi 5G Rilis di Indonesia

Ini tentu menjadi kemajuan yang berarti dalam pengembangan komersialisasi jaringan 5G yang telah banyak dinantikan pengguna smartphone. Seperti yang diharapkan, spesifikasi 5G mencakup spektrum frekuensi rendah mulai dari 600 dan 700 MHz hingga spektrum tinggi 50 GHz.

Rincian spesifikasi 5G itu sendiri akan dipublikasikan akhir pekan ini, sebagaimana dilansir The Verge, Selasa (26/12/2017). Setelah standar untuk 5G disepakati, pengembangan jaringan itu kemudian berada di tangan operator dan perusahaan hardware.

Baca: Smartphone Berteknologi 5G Mendarat 2019, Benarkah?

Beberapa operator seluler juga telah mempersiapkan dirinya menyambut jaringan 5G. T-Mobile dan Verizon bahkan menjanjikan jaringan 5G pada 2018 dan 2019.

Tak perlu khawatir karena beberapa operator di Indonesia pun telah menyiapkan dirinya menyambut jaringan 5G dengan melakukan berbagai pengujian. Artinya jaringan yang akan memungkinkan Anda berselancar lebih cepat di internet itu akan segera terwujud. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments