Google Beri Update Keyboard Gboard, Apa yang Baru?

JAKARTA - Aplikasi keyboard Gboard Google telah mendapatkan update software di Android. Pembaruan tersebut membawakan beberapa fungsionalitas yang salah satunya mendukung penulisan tangan.

Saat penggunanya ingin menambahkan tulisan tangan cukup ketuk pada "Setelan Bahasa", pilih bahasa yang diinginkan lalu pilih tulisan tangan sebagai layout.

BERITA TERKAIT +

Fungsi tersebut, sebagaimana dilaporkan Phone Arena, Jumat (15/12/2017), akan berguna untuk sistem abjad dan tulisan yang menampilkan ribuan tombol serta karakter. Urusan tata letaknya, kini telah mendukung di beberapa bahasa terpilih.

Baca juga: Google Assistant Kini Berjalan di Android Lollipop

Dukungan telah diberikan kepada beberapa bahasa seperti Awadhi, Bambara, Bundeli, Emilian-Romagnol, Fulani, Gilaki, Hiligaynon, Jamaican Patois, Kumaoni, Lambadi, dan Lombard.

Kemudian ada pula Madurese, Minangkabau, Mazanderani, Nahuatl, Neapolitan, Norwegian (Nynorsk), Piedmontese, Sadri, Santali (Devanagari and Bengali), Sicilian, Sylheti, Venetian, dan Zazaki.

Baca juga: Google Bangun Pusat Riset Teknologi AI di China, untuk Apa?

Pada Agustus lalu, Google mengumumkan bahwa Gboard telah mendukung 119 bahasa di dunia melalui dukungan 30 bahasa baru.

Guna melakukan penambahan bahasa, Google mempekerjakan mesin pembelajaran ke aplikasi Gboard. Dengan teknologi tersebut perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, itu bisa memiliki beragam bahasa di dunia.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments