Google Assistant Kini Berjalan di Android Lollipop

JAKARTA – Google Assistant kini mendukung Android lawas. Asisten digital besutan Google itu kini dapat berjalan pada smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop.

"Awal tahun ini kami pertama kali membawa Assistant Android 6.0 Marshmallow atau lebih tinggi dengan Google Play Services," kata manajer program Google Assistant Maksim Mukha dalam sebuah posting di blog Asisten Google.

BERITA TERKAIT +

Baca: Google Assistant Kini Berjalan di Feature Phone

"Hari ini, kami menambahkan (dukungan) Android 5.0 Lollipop, sehingga lebih banyak pengguna bisa mendapatkan bantuan dari Asisten Google,” imbuhnya.

Fitur ini tengah diproses oleh Google dan dirilis di pada perangkat yang diatur menggunakan bahasa Inggris bagi pengguna di Amerika Serikat (AS), Inggris, India, Australia, Kanada dan Singapura. Selain itu, pengguna berbahasa Spanyol di AS, Meksiko, dan Spanyol juga sudah bisa menjajal Google Assistant pada smartphone Lollipop-nya.

Pengguna lainnya yang bisa mencoba Google Assistant dengan OS Lollipop yakni pengguna di Italia, Jepang, Jerman, Brasil, dan Korea Selatan. Setelah menerima update untuk Google Play Service, beberapa pengguna itu memiliki kemungkinan untuk menjajalnya, sebagaimana dilansir BGR, Jumat (15/12/2017).

Google juga memungkinkan pengguna tablet dengan OS lawas untuk menikmati Google Assistant. Namun untuk sementara, hanya tablet dengan OS Android Nougat atau Marshmallow yang dapat mencicipinya.

Baca juga: Wih! 1,5 Bulan Dirilis, Adopsi Android Oreo Tembus 0,2%

Android sendiri memang telah merilis sistem terbaru bertajuk Oreo. Namun OS tersebut baru diadopsi pada 0,5 pada semua perangkat Android yang aktif.

Versi yang paling banyak diadopsi adalah Marsmallow yang dirilis Oktober 2015 lalu, dengan persentase 29,7%. Lollipop yang dirilis 2014 lalu juga masih banyak digunakan pengguna dengan persentase adopsi sebanyak 26,3%. Wajar saja jika OS lawas masih menjadi perhatian Google termasuk untuk dukungan asisten digitalnya. (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments