Cortana Kini Terhubung dengan Gmail

JAKARTA - Microsoft kini menambahkan kemampuan untuk menghubungkan akun Gmail pengguna ke Cortana.

Hal ini berarti pengguna sekarang dapat dengan mudah mengakses email, kontak dan yang lebih penting data di Google Calendar melalui asisten digital tersebut.

BERITA TERKAIT +

Untuk menyiapkan fitur baru tersebut, pertama-tama Anda dapat menuju bagian Cortana Notebook dari pencarian Windows 10 Anda. Setelah itu, gunakan opsi "Add a Service" (tambah layanan) untuk menambahkan Gmail.


Baca juga: Mantap! Pengguna Skype Sudah Bisa Ajak Ngobrol Cortana

Anda akan diminta untuk masuk ke akun Gmail Anda (jika belum) dan memberikan akses Cortana ke data informasi Anda.

Selain PC, fitur ini juga memungkinkan Anda mengakses info kalender dari perangkat bertenaga Cortana, seperti speaker pintar Harman Kardon Invoke.

Sayangnya, fitur tersebut belum tersedia di Android, namun diperkirakan akan segera meluncur, demikian GSM Arena.


Baca juga: Skype Tiba-Tiba Lenyap dari iOS dan Android

Skype Dukung Cortana

Microsoft menggulirkan asisten digital berkecerdasan buatan Cortana di Skype. Asisten digital tersebut dapat membantu pengguna Skype dalam membuat jadwal acara hingga memberikan informasi.

Kehadiran Cortana di Skype memang telah diumumkan oleh Microsoft satu setengah tahun lalu. Namun perusahaan ini baru menggulirkannya sekarang ini.

Fungsi Cortana di Skype sebenarnya mirip dengan Facebook dan Google Assistant di aplikasi Allo. Cortana akan membantu pengguna saat berada di obrolan (chatting).

Dikutip dari The Verge, Cortana bisa mengingatkan pengguna mengenai jadwal pertemuan dan memberikan informasi seperti restoran terdekat.

Tak cuma itu, pengguna juga bisa mengajaknya mengobrol melalui ruang privasi secara langsung. Tanyakan segala hal kepada Cortana, maka asisten digital ini akan memberikan informasi yang berkaitan.

Asisten digital Cortana tersedia di sistem operasi terpopuler saat ini yakni Android dan iOS. Kendati demikian perilisannya sendiri dilakukan secara bertahap. Negara pertama yang mencicipinya ialah Amerika Serikat.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments