Bangkai Makhluk Diduga Dinosaurus Ditemukan Utuh

JASPUR - Bangkai hewan yang menyerupai dinosaurus ditemukan oleh seorang tukang listrik yang sedang membersihkan gardu yang telah terbengkalai bertahun-tahun, di kota kecil India, Jaspur, Uttarakhand. Bangkai yang sebagian terawetkan itu masih memiliki daging, dan tampak terlalu ‘utuh’ untuk sisa-sisa hewan purba.

Para ilmuwan, yang telah mulai menelitinya, mengatakan bahwa dinosaurus yang tidak terbang telah punah selama lebih dari 65 juta tahun sehingga membuat kasus ini semakin misterius.

BERITA TERKAIT +

"Makhluk itu seperti dinosaurus, tetapi kita tidak bisa mengatakan apapun sampai semua tes dilakukan," kata Parag Madhukar Dhakate, seorang konservator Dinas Kehutanan India, dilansir dari International Business Times, Senin (18/12/2017).

Baca juga: Wow! Ini Dia Dinosaurus Terbesar di Dunia

Hingga saat ini, yang tampak dalam video amatir itu adalah makhluk dengan bentuk dan struktur tubuh yang mirip dengan dinosaurus. Peneliti belum menganalisis secara ilmiah bangkai tersebut. Analisis mereka akan mencakup penelitian mengenai usianya.

"Dinosaurus non-unggas telah punah sejak 65 juta tahun silam, tetapi juga berkaitan dengan theropoda, subordo dinosaurus yang termasuk karnivora bipedal (hewan dengan tubuh yang disangga oleh kedua tungkai bawah)," kata Aaryan Kumar, seorang mahasiswa doktoral di bidang paleontologi dari Universitas Delhi.

Baca juga: Dinosaurus yang Hidup 126 Juta Tahun Lalu Dianggap Mirip Pokemon, Seperti Apa?

Ia menuturkan, kerangka dinosaurus tidak mungkin dapat ditemukan dalam bentuk yang terpelihara baik setelah jutaan tahun tanpa dalam kondisi fosil. Satu-satunya cara, yaitu mengawetkannya secara kimia dan menyimpannya dalam museum, tapi kenyataannya bangkai tersebut ditemukan dari galian.

Bangkai yang memiliki panjang 28 centimeter itu telah dikirim ke ahli paleontologi di Universitas Kumaun untuk penelitian lebih lanjut. Terdapat dugaan awal bahwa itu adalah sisa-sisa janin kambing yang cacat, tapi sampai peneliti memverifikasinya, misteri ini akan berlanjut.

Baru-baru ini, terdapat kabar tentang kutu yang meminum darah dinosaurus, ditemukan di Myanmar, kepulauan India di Timur. Kutu tersebut pernah hidup bersama dinosaurus berbulu dan diperkirakan berusia 100 juta tahun. Satu-satunya alasan mereka ditemukan dalam kondisi utuh dan dengan darah masih terdapat di tubuh mereka adalah karena mereka terawetkan dalam amber.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments