Astronot Saksikan Star Wars: The Last Jedi di Luar Angkasa

JAKARTA - Star Wars: The Last Jedi tayang di bioskop seluruh dunia pekan ini. Namun, ternyata film legendaris itu juga akan ditampilkan di satu tempat yang sangat tidak biasa, yakni di International Space Station (ISS).

Para astronot akan berkesempatan menyaksikan Star Wars di orbit yang berjarak beberapa ratus mil di atas permukaan Bumi, menggunakan salah satu laptop atau proyektor yang berada di stasiun luar angkasa. Reporter luar angkasa, Robin Seemangal menyampaikan informasi tersebut di Twitter tadi malam, dan juru bicara NASA mengonfirmasi rencana tersebut pada Inverse.

BERITA TERKAIT +

Baca juga: NASA Utus 2 Astronot Perbaiki Stasiun Luar Angkasa, Kenapa?

"Saya bisa memastikan awak kapal dapat menontonnya di orbit," kata Dan Huot, Public Affairs Officer NASA, dikutip dari The Verge, Kamis (14/12/2017).

Baca juga: Waduh! Miliki Berat 8,5 Ton, Stasiun Luar Angkasa Tiangong-1 Terjun ke Bumi

Ia menyampaikan, waktu penayangannya di sana belum pasti. Mereka akan mendapatkan film tersebut dalam bentuk file digital dan bisa menyaksikannya di laptop atau proyektor yang saat ini berada di pesawat.

Para astronot bisa menyaksikan film di waktu luang mereka, saat mereka sedang mengerjakan sesuatu, atau menontonnya bersama-sama, seperti yang ditunjukkan astronot Scott Kelly pada 2015.

Menonton film di papan ISS bukanlah hal biasa, dan stasiun luar angkasa ternyata penuh dengan perpustakaan digital yang luas dengan lebih dari 500 judul, termasuk karya klasik dan lagu terbaru. Mereka juga mengoleksi banyak film sci-fi, mulai dari Aliens sampai 2001: A Space Odyssey.

(ahl)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments