Adam Fabumi Hingga Pesawat Habibie, Donasi Online Terpopuler 2017

Jakarta - Penggalangan dana dan donasi secara online makin populer di Indonesia. Sepanjang 2017, Kitabisa.com menemukan adanya tren positif.

Tercatat, lebih dari 12.000 kampanye menggalang dana dibuat selama 2017. Highlight terpenting adalah, bagaimana penetrasi internet sejalan dengan publik yang kian familiar dengan kegiatan mengalang dana online sebagai solusi berbagai masalah sosial.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi
Kampanye Terpopuler

Kitabisa.com mencatat, kampanye untuk membantu keluarga atau teman yang sakit adalah yang paling populer, yaitu sebanyak 24% dari total seluruh donasi. Kampanye penggalangan dana online terpopuler lainnya adalah isu kemanusiaan (16%) dan rumah ibadah (10%).

Ada juga kisah viral seperti biaya pengobatan bayi Adam Fabumi (Rp 574 juta), ajakan Ridwan Kamil membantu Rohingya (Rp 4,3 miliar), patungan Pesawat R80 karya BJ Habibie (Rp 7,5 miliar), hingga yang terbaru fans Kpop Indonesia yang menggalang dana untuk Palestina (Rp 400 juta).

Tren baru pun muncul di kalangan figur publik, yakni semakin banyak artis dan influencer yang melakukan penggalangan dana online.

Mereka yang melakukannya antara lain Raisa, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Chicco Jerikho, Glenn Fredly, Maudy Ayunda, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Ippho Santosa hingga figur pemerintahan seperti Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif Ricky Pesik juga ikut melakukan penggalangan dana.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi
'Orang Baik Tak Boleh Kalah Berisik'

Berbagai catatan baru dalam tren pertumbuhan donasi online 2017 menunjukkan tren positif crowdfunding di Indonesia.

Pengguna Kitabisa.com bertumbuh hingga 500.000 orang, dan tercatat 183.000 orang diantaranya pertama kali berdonasi.

Sepanjang 2017, ada 12.000 kampanye galang dana, naik tiga kali lipat dari tahun 2016. Secara total, lebih dari Rp 193 miliar donasi terkumpul melalui Kitabisa.com.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur menyebutkan, bagi Kitabisa.com, tren di 2017 ini menunjukkan bahwa penggalangan dana online menjadi salah cara memperjuangkan harapan.

"Dari ratusan orangtua yang berjuang menggalang dana untuk kesembuhan anaknya, driver ojek online yang membantu kakek ditemui di jalan, hingga ribuan netizen yang mendukung mimpi eyang Habibie membangun pesawat sendiri. 2017 adalah tahun kita menyalakan harapan dan meyakini bahwa orang baik tidak boleh kalah berisik," sebutnya.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi

Lebih dari itu, menurutnya, Kitabisa.com telah menunjukkan cara termudah menggandeng publik untuk menggalang pendanaan. Tren galang dana online yang telah dikampanyekan sepanjang 2017 kian menunjukkan hasil bahwa melalui Kitabisa.com, siapa saja bisa mencari dukungan tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga orang terdekatnya yang membutuhkan bantuan.

"Lebih dari sekadar dana, tapi juga harapan bagi mereka yang sakit ataupun cahaya bagi mereka yang memiliki ide kreatif dan membutuhkan biaya pendidikan," tutupnya. (rns/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments