Ada Meteor Quadrantid di Awal Tahun Baru 2018

JAKARTA - Meteor Quadrantid akan menghiasi langit Bumi menyambut tahun baru. Sebanyak 200 Meteor akan tampak setiap jamnya di bawah langit gelap selama puncaknya.

Quadrantid merupakan hujan meteor pertama yang akan menghiasi langit di 2018. Biasanya, meteor aktif antara akhir Desember dan minggu ke dua Januari, tapi Quadrantid cenderung mencapai puncaknya dua hari, mulai 3 Januari.

BERITA TERKAIT +

Jika Anda ingin menyaksikannya dengan jelas, pastikan Anda berada di tempat dengan langit yang gelap dan jauh dari lampu kota. Sayangnya, di 2018 supermoon akan hadir hampir bersamaan dengan meluncurnya meteor Quadrantid sehingga akan lebih sulit untuk menyaksikannya.

Baca juga: Wow! Penampakan Meteor Leonid Terlihat hingga Awal Desember

Nama Quadrantid berasal dari konstelasi mereka yang sudah mati, bernama Quadrans Muralis. Meteor ini pertama kali dijelaskan oleh astronom Italia, Antonio Brucalassi pada 1825. Ia menggambarkan, “Angkasa dilalui oleh banyak objek bercahaya yang dikenal dengan bintang yang jatuh.”

Seperti meteor lainnya, Quadrantid terdiri dari puing-puing dari berbagai objek besar. Debu yang terlepas dari puing-puing akan bertabrakan dengan atmosfer Bumi, hancur, dan menciptakan garis-garis terang di langit.

Umumnya, hujan meteor tersusun dari debu-debu komet, tapi Quadrantid berasal dari asteroid metalik yang disebut 2003 EH1, seperti yang dilaporkan di Independent.co.uk, Rabu (27/12/2017).

Baca juga: Ada 120 Meteor Geminids per Jam akan Hiasi Langit Malam Ini

"Quadrantid juga dikenal dengan meteor bola api yang terang. Bola api merupakan ledakan cahaya dan warna yang lebih besar dan bisa bertahan lebih lama dibandingkan meteor yang lain. Hal ini karena bola api berasal dari partikel material yang lebih besar," menurut NASA.

Terdapat perbedaan antara hujan meteor Quadrantid dengan Geminid dan Ursid. Puncak hujan meteor Geminid dan Ursid dapat bertahan selama lebih dari satu hari sehingga orang-orang dari seluruh belahan dunia dapat menyaksikannya. Sedangkan, Quadrantid memiliki waktu puncak yang lebih sempit, hanya beberapa jam.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments