7 Benda Ini Sulit untuk Terurai di Alam, Terakhir Butuh Waktu Ribuan Tahun

JAKARTA - Tahukah Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan cangkir plastik kopi yang Anda gunakan setiap pagi? Bagaimana dengan bungkus kripik yang Anda beli?

Sebuah penelitian oleh University of Georgia menemukan bahwa 91% sampah plastik di dunia, tidak terdaur ulang.

BERITA TERKAIT +

Banyak hewan di darat maupun laut yang tidak sengaja mengonsumsinya yang mana mengancam keselamatan mereka pula, dilansir dari International Business Times, Minggu (10/12/2017).

Untuk mengetahui seberapa lama benda-benda yang kita gunakan sehari-hari itu terurai, simak paparan berikut:

Kulit Pisang

Tidak hanya benda buatan manusia saja yang dapat menyebabkan masalah lingkungan. Faktanya, kulit pisang dapat menjadi salah satunya, terlebih jika Anda membuangnya sembarangan.

Dalam cuaca dingin, kulit pisang membutuhkan waktu dua tahun untuk terurai. Pada 2010, para konservasionis di Ben Nevis meminta pengunjung untuk berhenti membuang kulit pisang di puncak gunung tertinggi di Inggris, setelah relawan menemukan 1.000 kulit pisang di sana.

Karton Minuman

Kotak jus bisa memakan waktu hingga tiga bulan untuk terurai. Namun, jika terbuat dari lapisan kertas, plastik, dan aluminium, dapat mencapai 300 tahun.

Ujung Rokok

Sebagian besar filter rokok mengandung sejenis plastik yang disebut selulosa asetat. Ini berarti bahwa setiap ujung rokok yang Anda jentikkan ke bawah bisa memakan waktu hingga satu dekade untuk terurai.

Sebelumnya

1 / 2

Berita Terbaru Hari Ini

Comments