5G Bisa Picu Revolusi Teknologi di 5 Industri Ini

Jakarta - Layanan seluler berbasis 5G kian di depan mata. Sifatnya yang super cepat dan stabil akan memberikan dampak revolusi teknologi tahap selanjutnya di masa mendatang.

Tren seperti perkembangan Internet of Things (IoT), menjadi buah hasil dari implementasi layanan 5G. Terlebih baru-baru ini telah disepakatinya spesifikasi pertama untuk jaringan 5G oleh The 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang mengatur standar seluler di kancah internasional.

Daniel Newman yang merupakan seorang Digital Analist mengungkapkan ada lima hal yang akan merubah dunia karena diberlakukannya 5G. Berikut lima hal tersebut yang dikutip dari Huffington Post, Jumat (29/12/2017):

1. Mobil Otonom

5G Digelar, Revolusi Teknologi Kian Jadi KenyataanFoto: Istimewa

Sejumlah perusahaan, mulai dari Honda, Volvo, hingga Google merancang mobil yang bisa berjalan tanpa sopir. Menurut Daniel, mobil otonom membutuhkan jaringan untuk bergerak secara real-time. Menggunakan layanan 4G, itu sulit diwujudkan tetapi dengan 5G hal tersebut memungkinkan mobil otonom dapat bergerak secara mulus, misalnya kendaraan jadi lebih baik karena dapat memperkirakan waktu kedatangan, menghindari kecelakaan, dan lainnya.

Faktor itu juga perlu ditunjang pemanfaatan konsep penggunaan IoT di kota tempat di mana mobil-mobil otonom bisa berjalan.

2. Robot Pembedah yang Dikendalikan Jarak Jauh

5G Digelar, Revolusi Teknologi Kian Jadi KenyataanFoto: SCMP

Keberadaan robot bukan hal yang baru tapi kalau sudah urusan untuk alat bantu tenaga medis, khususnya terkait operasi, itu merupakan sesuatu menakjubkan. Apabila robot pembedah itu menggunakan layanan 5G, dokter memungkinkan melakukan operasi dari jarak jauh.

Hal ini akan merevolusi bidang kesehatan, terutama membantu orang-orang yang tinggal ditempat terpencil.

3. Pabrik Pintar

5G Digelar, Revolusi Teknologi Kian Jadi KenyataanFoto: detikINET/Ari Saputra

Daniel mengatakan IoT yang menggunakan jaringan generasi kelima akan menolong terciptanya pabrik modern. Teknologi 5G yang 100 kali lebih cepat dari 4G dan 10 kali lebih cepat daripada broadband akan membantu tercipta hal-hal baru, tidak hanya soal proses saja.

4. Dunia Game

5G Digelar, Revolusi Teknologi Kian Jadi KenyataanFoto: (Dok. Thinstock)

Dunia game akan sangat menyambut detik-detik menjelang peluncuran 5G. Daniel menuturkan kecepatan 5G ini memungkinkan pengembangan game yang lebih real-time dan lebih dalam tanpa gangguan teknis dalam permainan.

5. Manajemen Rantai Suplai

5G Digelar, Revolusi Teknologi Kian Jadi KenyataanFoto: Daimler

Keuntungan lain dari kehadiran 5G adalah dapat memangkas rantai pasokan menjadi lebih efisien dari sebelumnya. Meski dipangkas, kualitas yang didapat tidak akan berkurang, begitu juga transparansi kepada pelanggan. Semua ini berkat tujuan terciptanya transformasi digital. (rou/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments