5 Tanaman Paling Langka di Dunia, Nomor 3 Hanya Ada di Australia

JAKARTA - Tak hanya untuk hewan, predikat terlangka juga dimiliki oleh beberapa tanaman di dunia. International Union for Conservation of Nature (IUCN) bahkan mengklasifikasikan tanaman berikut ini sebagai yang terancam punah.

Beberapa tanaman ini hidup di daerah terpencil yang sulit di jangkau oleh manusia. Meski demikian kerusakan habibat dan perburuan liar mengakibatkan tanaman tersebut menjadi kian langka di alam liar. Apa saja saja tanaman itu?

BERITA TERKAIT +

Attenborough's pitcher plant

Pertama, ada tanaman dengan nama latin Nepenthes Attenboroughii atau disebut Attenborough's Pitcher. Tanaman ini hidup di kawasan yang cukup sulit terjangkau yaitu di Gunung Victoria, Palawan, Filipina. Jumlah Attenborough's Pitcher Plant diperkirakan hanya mencapai ratusan.

Attenborough's Pitcher adalah tanaman yang tergolong karnivora atau pemakan daging. Tanaman ini menjebak hewan kecil dan mangkuk berisi cairan yang disebut pitcher. Ini adalah jenis yang terbesar dengan ukuran mencapai 30 cm. Tak hanya serangga, Attenborough's Pitcher juga kerap membunuh tikus.

Suicide Palm

Ini adalah pohon palm terbesar yang ditemukan di bagian kawasan terpencil di Madagaskar. Suicide Palm hidup sekitar 50 tahun lalu dan berbunga hanya sekali selama hidupnya.

Tanaman ini pertama kali ditemukan pada 2005 oleh seorang manajer perkebunan mete selama liburan keluarganya. Suicide Palm bisa tumbuh setinggi 18 meter dan lebar daunnya bisa mencapai 5 meter. Jumlahnya di alam liar hanya terdapat 90 pohon.

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments