5 Gempa Terdahsyat yang Pernah Terjadi, Salah Satunya pada 2011

JAKARTA - Salah satu bencana alam yang banyak memakan korban jiwa adalah gempa. Bencana ini biasanya bisa mengguncangkan permukaan tanah dan merubuhkan bangunan tinggi, sehingga tingkat ancaman jiwa bisa berkali-kali. Bahkan, gempa juga bisa mengancam nyawa manusia dengan sapuan air laut yang disebut Tsunami.

Dari beberapa gempa yang pernah terjadi di dunia, beberapa gempa berikut ini merupakan yang terdahsyat karena memakan banyak korban. Di mana saja? Berikut rangkumannya yang dikutip dari Lolwot, Minggu (2/12/2017).

BERITA TERKAIT +

Haiyuan, China

Pertama ada gempa di kawasan Haiyuan China. Gempa tersebut berlangsung pada 16 Desember 1920. Saking dahsyatnya, guncangan dari gempa tersebut terasa hingga 125 mil atau 201 kilometer. Gempa yang juga disebut sebagai Gansu Earthquake ini menelan korban jiwa sebanyak 200 ribu hingga 240 ribu orang.

Port-au-Prince, Haiti

Pada 2010 lalu, kota Port-au-Prince di Haiti diguncang gempa dengan kekuatan 7.0 magnitude. Akibatnya sejumlah bangunan di kota tersebut porak-poranda dan menelan korban jiwa hingga 316.000 orang. Kemudain 300 ribu orang lainnya mengalami luka.

Sebelumnya

1 / 4

Berita Terbaru Hari Ini

Comments