2017, Netizen Indonesia Kepincut Jadi Selebgram dan YouTuber

Jakarta - Ada yang menarik sepanjang tahun ini, yakni mengenai keinginan netizen Indonesia. Hal yang berbau teknologi menjadi incaran mereka untuk mencari informasi di mesin pencarian Google.

Selebgram berada di posisi teratas berdasarkan penelusuran populer untuk kategori 'Cara Menjadi...' di Year in Search 2017 yang baru dirilis Google Indonesia. Bahkan, minat berprofesi sebagai selebgram ini memperlihatkan grafik yang cukup tinggi sepanjang 2017.

Bila dilihat dari per wilayahnya, bukan Jakarta ataupun Pulau Jawa sumber meningkatnya minat jadi selebgram tersebut. Melainkan Sulawesi Tenggara yang paling unggul, menyusul di belakangnya ada Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Riau, Jambi, Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Barat.

Kemudian untuk kategori 'Cara Menjadi...' lainnya diisi dengan hal berkaitan dengan YouTuber, Blogger, Driver Go-Jek, Pengusaha Sukses, Agen Bukalapak, Reseller Online Shop, Driver Grab, Penjual Lazada, dan Muser.

Kategori di atas adalah salah satu kategori yang dipaparkan mengenai topik terpopuler di Google untuk wilayah Indonesia sepanjang tahun ini. Selain itu, ada kategori penelusuran terpopuler, peristiwa nasional, peristiwa internasional, tokoh, selebriti, lagu, apa itu..., dan resep.

Google menerapkan dua kriteria untuk menentukan topik terpopuler di mesin pencariannya. Pertama, kata pencarian yang dapat menimbulkan lonjakan dalam waktu singkat. Kedua, kata pencarian yang konsisten dilakukan oleh netizen. Untuk Year in Search, Google mengambil datanya sepanjang Januari sampai awal Desember. (rns/rns)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments