YouTube Bersih-bersih Keyword Seronok

Jakarta - Laporan masifnya peredaran video untuk anak yang menunjukkan aksi seronok terbukti ditindaklanjuti YouTube.

Pasalnya layanan streaming video ini disebut sudah mulai melakukan bersih-bersih. Dan yang pertama jadi incaran YouTube adalah keyword pencarian yang dianggap seronok, atau yang berpotensi memunculkan hasil pencarian seronok.

Seperti diketahui, ketika ingin mencari suatu konten video biasanya kotak pencarian akan memunculkan keyword yang relevan. Nah, keyword yang dianggap seronok yang bakal kena bersih-bersih YouTube.

"Sebelumnya tim kami mendapat informasi tentang hasil pencarian otomatis yang sangat mengganggu ini, dan kami segera menghapusnya segera setelah kami menyadarinya. Kami sedang menyelidiki masalah ini untuk menentukan apa (video) yang ada di balik munculnya pencarian otomatis ini," tulis YouTube, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (29/11/2017).

YouTube sendiri tengah dalam usahanya memerangi konten berbau pornografi, terutama yang diselipkan dalam video untuk anak. Selain bakal menghapus video-video yang dimaksud, layanan kepunyaan Google ini juga akan menyingkirkan semua iklan yang tampil bersamaan dengan video-video tersebut.

Dengan begitu, pihak yang melakukan upload tidak akan mendapat keuntungan apapun dari video yang di-posting. Cara ini diharapkan bisa menekan peredaran video tak senonoh yang mengincar anak-anak lewat layanannya. (yud/fyk)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments