Samsung Akuisisi Startup AI Demi Asisten Bixby

JAKARTA – Samsung Electronics telah mengakuisisi startup Korea Selatan (Korsel) bernama Fluenty. Startup ini mengkhususkan diri pada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) obrolan.

Akuisisi yang dipimpin oleh raksasa teknologi Korsel itu akan memungkinkan perusahaan mengintegrasikan layanan Fluenty ke platform AI-nya sendiri, Bixby.

BERITA TERKAIT +

Fluenty didirikan oleh mantan developer besar Naver dan Daum. Startup ini memiliki sebuah aplikasi yang menyarankan jawaban terbaik berdasarkan teknologi AI.

Mulanya Fluenty diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada 2015 kemudian merambah di Korsel pada 2016. Layanan ini mendukung aplikasi chat seperti KakaoTalk, Telegram, Facebook Messenger, dan Line.

Samsung sendiri bulan ini menggabungkan penelitiannya dibawah bisnis mobile dan consumer electronics untuk membentuk Samsung Research. Sebuah pusat AI baru juga dibentuk di bawah Samsung Research untuk mencari peluang bisnis baru di bidang teknologi.

Samsung awal tahun ini memperkenalkan asisten virtual AI Bixby dengan peluncuran Galaxy S8, meski awalnya mendapat sambutan yang kurang menyenangkan. Pasalnya Bixby pada saat itu belum memiliki pengenal suara walaupun telah disertakan tombol khusus untuk menjalankannya.

Samsung mengatakan Bixby akan memperbaiki kemampuan pemahaman bahasanya sendri dari waktu ke waktu berdasarkan penggunaan konsumen.

Sebelumnya Samsung juga mengakuisisi Viv, sebuah perusahaan asisten suara berbasis AI yang didirikan oleh Dag Kittlaus yang membangun Siri.

Keputusan Samsung ini bertujuan untuk menyebarkan kemampuan AI tak hanya di smartphone namun juga di semua perangkat elektronik konsumen. Perusahaan mengatakan bahwa semua peralatan rumah tangga memiliki fitur cerdas seperti AI dan pengenal suara yang akan terwujud pada 2020.

Samsung juga bekerjasama dengan raksasa obrolan di negaranya – Kakao untuk menyelarasan platform AI Bixby serta Kakao I. Demikian seperti dilansir ZDNet, Rabu (28/11/2017). (lnm).

(kem)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments