Riset Google: Orang Indonesia Sering Takut Kuota Internet Habis

Jakarta -

Dengan banyaknya aplikasi layanan, mulai dari untuk hiburan, transportasi, belanja, sampai komunikasi, membuat pengguna tak sadar akan penggunaan kuota internetnya yang sering cepat habis.

Begitu yang dirasakan pengguna internet mobile Indonesia. Mereka selalu mengeluhkan hal tersebut tanpa tahu kemana kuota banyak digunakan. Hal itu yang mendasari Google menghadirkan aplikasi pemantau kuota bernama Datally.


Vice President Tim Next Billion Users Google Caesar Sengupta, mengatakan pengguna smartphone di Indonesia sering khawatir kuota internetnya cepat habis.

Di samping itu, mereka juga masih belum memahami kuotanya dipakai buat apa saja sehingga kesulitan mengontrol jika sudah mengakses salah satu layanan yang disukainya. Fakta tersebut ditemukan berdasarkan riset Google mengenai orang Indonesia terkait kuota internet.


"Aplikasi Datally bisa membantu memahami, mengontrol, dan menghemat kuota internet sehingga pengguna bisa lebih menghemat dan melakukan lebih banyak hal dengan kuotanya," ujar Caesar di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (30/11/2017).


'Orang Indonesia Khawatir Kuota Internet Kok Cepat Habis'Vice President Tim Next Billion Users Google Caesar Sengupta (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)

Secara fungsi, Datally akan memberi informasi kuota yang dihabiskan ketika mengakses layanan. Ada fitur utama pada Datally ini, di mana meliputi fitur penghemat kuota, balon penghemat kuota, fitur kelola data, dan fitur temukan WiFi.

Datally sendiri sebelumnya telah tersedia di Filipina dan kini merambah Indonesia. Sejauh ini, Google baru menyediakan Datally untuk pengguna smartphone Android dengan spesifikasi minimal sistem operasinya versi 5.0 Lollipop. Kebijakan ini mengingat masifnya pengguna internet yang menggunakan smartphone Android.

(rns/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments