Kepulauan Seribu Kebagian Akses Internet 4,5G

Jakarta - Masyarakat Kepulauan Seribu sudah bisa mencicipi layanan internet cepat melalui jaringan 4,5G. Akses mobile broadband ini akan melayani masyarakat di Pulau Lancang Besar, salah satu pulau di wilayah terluar Kepulauan Seribu, Jakarta.

Vice President Region XL Axiata Jabodetabek Bambang Parikesit mengatakan, pertumbuhan pengguna layanan data di area Kepulauan Seribu terus meningkat.

Hingga akhir Oktober 2017, tercatat hampir 70% dari sekitar 10 ribu total pelanggan XL di sana telah menggunakan akses tersebut untuk berselancar di internet.

Trafik layanan data di wilayah ini juga mencapai 31% dalam setahun terakhir. Selain itu, sampai akhir Oktober 2017, jumlah pelanggan di sana yang pakai smartphone 4G sebanyak 43%, jumlah itu meningkat 122% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

"Kami juga akan terus berupaya memperkuat jaringan 4,5G dengan memperluas jaringan XL hingga ke pulau-pulau lainnya, sehingga warga dapat memanfaatkan sarana teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas mereka, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Selain di Pulau Lancang Besar, sejak Juni 2017 lalu, XL telah melakukan modernisasi jaringan 4,5G pada Base Transceiver (BTS) yang ada di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Kelapa, Pulau Pantara, Pulau Pari, Pulau Pramuka dan Pulau Putri.

Hadirnya akses internet cepat ini bermanfaat untuk mendukung para pelaku usaha di bidang pariwisata. Seperti diketahui, Kepulauan Seribu jadi destinasi wisata.

XL juga bekerjasama dengan perangkat desa dan komunitas nelayan setempat, berupaya membantu meningkatkan pemahaman warga terkait manfaat teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Tidak hanya itu, XL turut memberikan fasilitas gratis berupa perangkat mobile broadband lengkap dengan akses internet cepat dan kuota besar. Perangkat tersebut bisa dimanfaatkan secara kolektif untuk berbagai keperluan produktif. (rns/rou)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments