Facebook Bikin Kecerdasan Buatan untuk Cari Pengguna Mau Bunuh Diri

Jakarta - Mark Zuckerberg sendiri yang mengumumkan kemampuan kecerdasan buatan Facebook yang kini dapat menelusuri pengguna yang berpotensi mau bunuh diri.

Tentu bukannya tanpa alasan kemampuan tersebut disematkan Facebook pada kecerdasan buatan miliknya. Keputusan ini tak lepas dari pernyataan Mark beberapa waktu lalu yang ingin membangun komunitas yang aman di layanannya.

"Jika kita akan membangun komunitas yang aman, kita perlu merespon dengan cepat," ujarnya, ketika itu.

Adapun cara kerja kecerdasan buatan Facebook akan berburu postingan atau komentar yang berpotensi pada keputusan bunuh diri. Bila menemukannya, sistem kemudian akan mengirimkan temuannya ke tim Facebook untuk dilakukan review.

Mark bahkan mengklaim kalau telah menyiapkan setidaknya 3.000 orang di Facebook yang hanya ditugaskan untuk melakukan review terhadap postingan atau komentar yang mengandung kemungkinan seseorang untuk melakukan bunuh diri.

Selanjutnya ketika ditemukan postingan atau komentar yang mengarah ke situ, hal pertama yang akan dilakukan Facebook adalah langsung menghubungi keluarga atau teman terdekatnya.

Diharapkan orang-orang terdekat ini bisa segera menghubungi atau mendatangi pengguna yang berpotensi akan bunuh diri untuk meredakan keinginannya.

"Di masa depan, kecerdasan buatan akan dapat memahami lebih banyak bahasa, dan akan dapat mengidentifikasi masalah yang berbeda selain bunuh diri, termasuk dengan cepat menemukan lebih banyak jenis intimidasi dan kebencian," kata Mark, seperti dikutip detikINET dari The Next Web, Rabu (29/11/2017).

(yud/yud)

Berita Terbaru Hari Ini

Comments